Informasi Publik

Ingin Terjun ke Bisnis Online? Kenali Dulu Ciri-Ciri Penipuan Ini

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Kian menjamurnya bisnis online dewasa ini tentu menjadi angin segar bagi perekonomian nasional. Pasalnya, selain menawarkan keuntungan yang menggiurkan bagi para pelaku usaha, penetrasi bisnis online di berbagai lini terbukti mampu semakin menggeliatkan UMKM yang selama ini dinilai menjadi tulang punggung perekonomian tanah air.

Kendati demikian tak dapat dipungkiri, serupa pisau bermata dua, penipuan berkedok bisnis online pun boleh dikata juga kian marak terjadi. Ada saja oknum yang mencoba memanfaatkan momentum potensial ini dengan cara-cara yang tak bertanggung jawab.

Lantas, bagi Anda yang saat ini barangkali ingin menekuni bidang bisnis online, bagaimana agar bisa terhindar dari jerat penipu? Berikut ciri-ciri penipuan berkedok bisnis online yang mungkin perlu Anda perhatikan:

1. Identitas Tak Jelas

Sudah menjadi rahasia umum, setiap oknum yang hendak melakukan penipuan acapkali berusaha menutup-nutupi identitas aslinya, mulai dari nama, alamat dan banyak hal lainnya. Upaya tersebut dilakukan agar si oknum penipu ini tak mudah untuk dilacak bila suatu saat nanti mereka mulai melancarkan aksinya.

Sikap kehati-hatian perlu dilakukan secara ekstra, sebab usaha bisnis online ini tak melakukan tatap muka secara langsung pada saat berinteraksi satu sama lainnya, biasanya hanya mengandalkan percakapan dan berkomunikasi melalui jaringan internet saja. Bisa melalui chat atau pesan singkat.

2. Jalur Kontak Terhadap Member Sangat Terbatas

Sangat membatasi jalur kontak terhadap para membernya merupakan ciri bisnis online yang perlu diwaspadai berikutnya. Mohon digarisbawahi, sebelum benar-benar memutuskan untuk menjadi member di sebuah situs bisnis online, Anda sangat disarankan untuk menghubungi kontak yang ada di situs tersebut.

Tujuannya tak lain adalah untuk mencari tahu apakah sang pemilik merespon atau tidak terhadap bisnis online yang dikelolanya. Mula-mula cobalah memberikan pertanyaan tentang sistem usaha bisnis miliknya itu, dan perhatikan balasan apa yang diberikan, apakah masuk akal atau malah tidak sama sekali. Jika jawaban yang diberikan terasa berbelit-belit sudah bisa dipastikan bahwa bisnis online tersebut merupakan salah satu bisnis online penipu.

3. Produk atau Layanan Jasa yang Ditawarkan Tak Jelas

Dalam perihal berbisnis, tentu ada yang namanya proses transaksi atas produk atau layanan dari penjual kepada pembeli. Tek terkecuali, pun begitu juga dalam urusan bisnis online.

Sebelum memutuskan untuk bergabung dengan sebuah usaha bisnis online di internet, langkah selanjutnya yang harus diambil agar menghindarkan diri dari situs belanja online milik penipu, yaitu dengan cara mencari tahu apakah produk dan layanan yang mereka tawarkan benar-benar adanya atau tidak.

Jika tidak memiliki kejelasan dengan produk dan jasa yang mereka tawarkan, maka bisa dipastikan bahwa itu merupakan salah satu dari modus usaha bisnis online berkedok penipu.

4. Menjanjikan Pendapatan yang Tak Masuk Akal

Tak dapat dipungkiri, kebanyakan dari kita acapkali terjebak dengan rayuan iming-iming income yang sangat menggiurkan hanya dengan melakukan cara yang sangat mudah. Misalnya saja saat sekarang ini banyak sekali bahasa marketing yang terpampang jelas di situs belanja online ternama, salah satu contohnya seperti, mau memiliki penghasilan Rp10 juta per hari hanya dengan modal awal Rp250 ribu saja tanpa harus bekerja, biarkan uang Anda yang bekerja kepada Anda. Apakah iklan tersebut bisa masuk akal pasti jawabannya tidak sama sekali.

Tetapi bagi pemilik situs usaha bisnis online penipu itu jawabannya ya, karena dia hanya membutuhkan minimal 20 orang calon korbannya untuk mendaftar, di mana setiap yang ingin melakukan pendaftaran nantinya diharuskan membayar uang di awal sebesar Rp250 ribu saja dengan alasan sedemikian rupa. Bila Anda menemukan indikasi seperti ini pada sebuah situs belanja online di internet, sudah dapat dipastikan bahwa usaha tersebut memiliki niatan tidak baik alias ingin melakukan penipuan.

5. Minim atau Tidak Ada Rekomendasi

Saat Anda hendak memutuskan untuk bergabung dengan sebuah usaha bisnis online, sangat disarankan Anda mengumpulkan informasi terlebih dahulu mengenai bisnis yang hendak akan diikuti.

Pertimbangkan juga untuk selalu bertanya dan berkonsultasi dengan orang yang telah berkecimpung lama di usaha yang berbasis online ini. Rekomendasi yang diberikan oleh mereka yang mempunyai keahlian di bidangnya adalah sesuatu yang berharga dan sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan Anda. Jika usaha bisnis online tersebut sedikit yang merekomendasikannya, atau bahkan sama sekali tidak ada, maka jangan pernah berpikir untuk bergabung apalagi untuk menjalankannya.

Demikian sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan sebelum bergelut dalam bisnis online. Sepatutnya, ciri-ciri di atas bisa dijadikan bahan pedoman dan atau pertimbangan Anda sebelum memulai usaha bisnis potesial ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top