Tips & Trik

Ini 5 Menu Sahur Rekomendasi untuk Anak Kost yang Praktis dan Murah

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Bulan Ramadan telah tiba, itu artinya seluruh umat muslim di dunia diwajibkan berpuasa dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Satu hal yang paling membingungkan di saat bulan Ramadan ialah menu sahur, terutama untuk kalian anak kost yang merantau jauh dari orang tua. Pasalnya, harus ekstra hati-hati dalam mengeluarkan biaya selama Ramadan.

Tak perlu gelisah galau merana, tenang saja hal itu bisa disiasati melalui referensi sejumlah menu sahur yang bisa kamu buat dengan mudah dan cocok untuk kantong anak kost saat ini tentunya. Berikut ulasannya :

1. Telur Goreng

Bermodalkan sebutir telur, kamu bisa menciptakan lauk yang lezat yang bisa kamu santap selama sahur. Bahkan, kamu bisa membuat telur goreng menggunakan rice cooker, lho!

2. Mie Instan

Mie instan memang selalu menggugah selera dan jadi menu sahur terfavorit anak kosan. Selain jadi menu sahur praktis, mie instan ini punya rasa beragam dan selalu membuat nafsu makan bertambah.

Namun demikian, meskipun terasa nikmat, tapi usahakan agar tidak terlalu sering mengkonsumsi mie instan saat makan sahur karena bisa membuat perut sakit serta mudah merasa lapar.

3. Abon

Nah jika kamu ingin lebih simpel lagi, kamu bisa membeli abon untuk persediaan di kost. Meskipun harganya memang agak mahal jika kamu membelinya di supermarket, maka kamu bisa membelinya di toko kelontong atau warung grosiran dekat kost. Lalu simpan di dalam suhu ruangan, abon bisa bertahan selama sepekan. Kalau disimpan dalam lemari es, bisa tahan hingga sebulan.

Enaknya dari abon adalah pilihan dagingnya beragam, mulai ayam, sapi, ikan, udang, domba, dan sebagainya. Tinggal ditambahkan nasi hangat, pasti menu sahurmu bisa lebih nikmat.

4. Nasi Goreng

Alternatif masakan hemat berikutnya yang bisa kamu masak sendiri dengan mudah sebagai anak kost adalah nasi goreng. Kalau ingin lebih nikmat kamu bisa menambahkan isian ala kadarnya. Maksud ala kadarnya disini adalah, bahan yang kamu gunakan untuk membuat nasi goreng enggak perlu muluk-muluk.

Kamu cukup menyiapkan seporsi nasi putih yang sudah didinginkan, sebutir telur, bumbu dapur seperti bawang merah dan putih, saus, kecap, garam, gula, dan sayuran atau bahan lain yang kamu temukan di kost. Tinggal oseng-oseng, dan jadi deh nasi goreng sederhana ala kamu.

5. Sarden

Sarden bisa kamu temukan dimana-mana. Misalnya di minimarket atau toko kelontong dekat kost. Tidak sampai sepuluh ribu rupiah kamu sudah bisa makan enak dan bergizi.

Cara membuatnya pun mudah, Kamu hanya perlu menggoreng sarden di atas wajan, atau jika kamu tidak memilikinya kamu bisa menggorengnya di rice cooker. Kemudian sajikan dengan nasi hangat, wah itu sih udah paling lezat dan tentunya sangat praktis.

Bagaimana? Cukup mudah dan bisa didapatkan dengan harga terjangkau, bukan?

Namun yang perlu diingat, esensi dari puasa bukan terletak pada menu makan sahur dan menu berbuka saja, sehingga kamu tidak perlu menjadi stress hanya untuk memikirkan menu makan sahur atau berbuka. Selamat Berpuasa!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top