Tips & Trik

Ini 5 Tips Sederhana Terhindar dari Dehidrasi saat Jalani Puasa

Ilustrasi. Foto: Istimewa

PIAH.COM – Berpuasa selama 12 jam lebih membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Apalagi bagi yang melakukan banyak aktivitas khususnya di luar ruangan, tentu ini sangat berisiko mengalami dehidrasi.

Tubuh manusia terdiri dari 70 persen cairan. Artinya jika cairan dalam tubuh kita berkurang, maka fungsi organ juga akan berkurang dan tidak maksimal. Gejala dehidrasi yang bisa diidentifikasi saat puasa adalah tubuh terasa lemas hingga sakit kepala.

Lalu, bagaimana cara menghindari dehidrasi saat puasa? Sedangkan kita hanya boleh minum ketika waktu berbuka tiba dan saat makan sahur saja.

Di bawah ini ada 5 tips agar terhindar dari dehidrasi saat puasa, seperti dihimpun oleh dari berbagai sumber.

1. Cukupi kebutuhan air putih

Untuk memenuhi kebutuhan cairan selama berpuasa seharian penuh, kamu bisa memulainya dengan meminum 8-10 gelas air putih per hari selama puasa. Yakni dua gelas saat buka, empat gelas setelah tarawih sampai menjelang tidur, dan dua gelas saat sahur.

2. Konsumsi buah dan sayur

Tak hanya dari air putih, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan cairan dari buah dan sayur. Konsumsilah buah-buahan dan sayuran saat berbuka dan waktu makan sahur, agar cairan dalam tubuh tetap terjaga selama menjalani puasa.

3. Hindari makanan asin saat sahur

Konsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak garam saat sahur bisa mengakibatkan dehidrasi pada siang harinya. Sebab, garam dapat memengaruhi sistem pengaturan dalam tubuh. Itulah sebabnya mengapa kita merasa haus setelah mengonsumsi makanan asin.

4. Perhatikan obat atau suplemen yang dikonsumsi

Untuk memperkuat daya tahan tubuh saat puasa, kita bisa saja mengonsumsi obat atau suplemen. Namun, untuk menghindari dehidrasi, kamu perlu memperhatikan efek samping pada obat atau suplemen tersebut. Pastikan tidak ada efek dehidrasi atau membuatmu kekurangan cairan.

5. Konsumsi minuman mengandung elektrolit saat buka

Mengkonsumsi minuman yang mengandung elektrolit sangat bagus untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat puasa. Selain minuman elektrolit yang banyak dijual di warung, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Seperti menambahkan irisan buah jeruk atau mentimun ke dalam air putih atau air kelapa agar terasa lebih segar.

Itulah 5 tips terhindar dari dehidrasi saat jalani puasa yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top