Sains

Ini 6 Alasan Kenapa Nyamuk ‘Demen’ Sama Kamu

Ilustrasi. Foto: Istimewa

PIAH.COM – Apakah Anda merasa selalu dikelilingi oleh nyamuk? Apakah Anda berpikir bahwa bahkan jika ada satu nyamuk di ruangan itu, itu akan menggigit Anda daripada yang lain?

Nah, bersiaplah untuk kaget karena ini bukan hanya isapan jempol dari imajinasi Anda. Sesuai ilmu pengetahuan, serangga penghisap darah ini tertarik pada beberapa orang karena alasan tertentu.

Berikut adalah 7 alasan mengapa nyamuk menggigit beberapa orang lebih dari yang lain.

Nyamuk dapat merasakan karbondioksida dari jauh. Setelah sesi latihan yang intens, orang-orang bernapas lebih berat dan melepaskan lebih banyak karbondioksida, yang menarik nyamuk. Serangga penghisap darah juga tertarik ke asam laktat, yang diproduksi setelah Anda berolahraga.

Jika Anda sakit

Nyamuk jauh lebih tertarik pada orang sakit dibandingkan dengan orang yang sehat. Alasannya karena suhu tubuh dan pelepasan karbondioksida yang berlebihan.

Jika Anda mengenakan pakaian gelap

Jika Anda tidak ingin nyamuk menggigit Anda, maka pertimbangkan untuk mengenakan pakaian bewarna gelap. Warna gelap menyerap lebih banyak panas, yang menurut nyamuk menarik.

Jika pakaian Anda berbau

Ketika kita berkeringat, kita melepaskan berbagai jenis senyawa. Bakteri memecah senyawa ini dan menciptakan bau, yang dapat menarik nyamuk dengan mudah. Jadi pastikan Anda mengenakan pakaian bersih jika tidak ingin digigit.

Jika Anda minum bir

Jika Anda suka menenggak bir, Anda akan menarik lebih banyak nyamuk. Sesuai penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Mosquito Control Association, bir meningkatkan jumlah etanol dalam keringat, yang disukai oleh nyamuk.

Jenis darah

Anda tidak dapat melakukan perubahan apa-apa pada hal ini. Karena memang golongan darah Anda juga memiliki peran besar di dalamnya. Nyamuk lebih tertarik pada beberapa jenis darah dibandingkan dengan yang lain. Studi menunjukkan bahwa serangga lebih tertarik untuk mengigit darah O dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Jika kakimu bau

Pernah bertanya-tanya mengapa nyamuk lebih banyak menggigit kaki? Itu karena bakteri alami pada kulit. Bakteri membuat kulit berbau, sehingga nyamuk lebih tertarik padanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top