Tips & Trik

Ini 9 Cara Ampuh Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat dan Alami

Ilustrasi. ( Foto : Istimewa )

PIAH.COM – Hipertensi atau darah tinggi adalah kondisi dimana kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong dinding pembuluh darah (arteri). Banyak orang yang mengidap penyakit ini mencari bagaimana cara menurunkan darah tinggi.

Kekuatan tekanan darah ini bisa berubah dari waktu ke waktu, dipengaruhi oleh aktivitas apa yang sedang dilakukan jantung (misalnya sedang berolahraga atau dalam keadaan normal/istirahat) dan daya tahan pembuluh darahnya.

 

Gejala dan Ciri-ciri

Informasi tambahan, penderita hipertensi biasanya tidak menunjukkan ciri apapun atau hanya mengalami gejala ringan. Namun secara umum, gejala hipertensi adalah:

  • Sakit kepala parah
  • Pusing
  • Penglihatan buram
  • Mual
  • Telinga berdenging
  • Kebingungan
  • Detak jantung tak teratur
  • Kelelahan
  • Nyeri dada
  • Sulit bernapas
  • Darah dalam urin
  • Sensasi berdetak di dada, leher, atau telinga

 

Lalu bagaimana cara untuk menurunkannya?

Diketahui, darah tinggi disebabkan oleh faktor gaya hidup atau genetika. Jika tidak ditangani dengan tepat, maka dapat meningkatkan resiko penyakit serangan jantung dan stroke.

Ada beberapa cara yang cepat dan alami untuk menurunkan darah tinggi. Apa saja itu? Berikut beberapa cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami.

 

1. Menjaga Berat Badan

Berat badan merupakan salah satu faktor penentu tekanan darah. Dengan menjaga badan yang sehat sesuai dengan tipe tubuh dapat membantu menjaga tekanan darah.

Kamu patut memperhatikan jika memiliki perut buncit dan lingkar pinggang yang berlebih. Darah tinggi akan berisiko lebih besar terhadap orang yang tidak menjaga berat badan.

 

2. Memperhatikan Pola Makan

Menjaga pola makan merupakan salah satu cara mudah yang kamu lakukan. Memilih menu makanan pun menjadi penting untuk menjaga kesehatan.

Ibu hamil yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi sangat disarankan untuk menjaga pola makan. Asupan yang sebaiknya dipilih ibu hamil adalah yang mengandung tinggi asam lemak esensial, kalsium, magnesium, dan vitamin D.

Makanan yang baik untuk dikonsumsi di antaranya buah pisang, stroberi, sayuran hijau, yoghurt, kentang, oatmeal, dan ikan.

 

3. Berolahraga

Olahraga secara teratur setidaknya 30 menit per hari dapat membantu menurunkan darah tinggi. Bentuk olahraga yang bisa kamu lakukan adalah jogging, bersepeda, dan berenang.

Selain itu berjalan dan melakukan tugas-tugas rumah juga dapat membantu menurunkan darah tinggi secara perlahan. Berolahraga dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan meningkatkan efisiensi jantung yang mana hal ini sangat baik untuk mengurangi tekanan darah.

 

4. Batasi Asupan Garam

Kebanyakan orang yang memiliki tekanan darah tinggi, akibat dari terlalu berlebihan dalam mengonsumsi garam. Jadi, dengan membantasi asupan garam dapat merupakan cara menurunkan tekanan darah tinggi.

Batas konsumsi garam yang direkomendasikan melalui situs website Kementerian Kesehatan RI yakni 1 sendok teh per hari. Sebisa mungkin untuk mengurangi jajanan luar karena kita tidak mengetahui jumlah garam yang terkandung di dalamnya. Dengan memasak makanan sendiri kita akan tahu jumlah garam yang sudah kita konsumsi setiap harinya.

 

5. Mengonsumsi Bawang Putih

Bawang putih telah digunakan sebagai obat herbal yang populer. Salah satu kegunaan bawang putih yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol secara alami.

Mengonsumsi bawang putih secara rutin setiap hari dengan cara merebusnya. Jangan merebus bawang putih terlalu lama karena dapat menghancurkan kandungan yang terdapat di dalamnya. Kemudian blender bawang putih hingga kental. Kamu bisa mencampurkan pada makanan yang akan dikonsumsi. Selain itu, saat ini sudah banyak yang menjual dalam bentuk bubuk dan tablet.

 

6. Berhenti Merokok

Rokok merupakan salah satu penyebab meningkatnya tekanan darah. Kandungan nikotin di dalam tembakau merupakan penyebab meningkatnya tekanan darah.

Ketika nikotin diserap dan mencapai otak, nikotin tersebut memberikan sinyal pada kelenjar adrenal untuk melepas epinefrin. Hal ini membuat terjadinya penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung mendadak dan stroke.

 

7. Mengelola Stres

Stres merupakan salah satu penyebab tekanan darah tinggi. Ketika kamu mengalami stres kronis, tubuh akan berada di antara melawan atau menyerah. Pada kondisi itu membuat detak jantung yang lebih cepat dan pembuluh darah yang terbatas. Kamu dapat mengelola stres dengan mendengarkan musik atau mengurangi aktivitas yang penuh tekanan.

 

8. Beraktivitas di Luar Ruangan

Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat adalah beraktivitas di luar dengan terkena sinar matahari. Kulit yang terkena sinar matahari akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan tekanan darah menjadi turun.

 

9. Mengonsumsi Cokelat Hitam

Konsumsilah cokelat hitam dengan kandungan kakao 60 hingga 70 persen. Satu potong cokelat hitam dipercaya dapat memperlebar pembuluh darah yang otomatis dapat menurunkan tekanan darah.

Itulah 9 cara menurunkan darah tinggi secara cepat dan alami yang bisa kamu coba. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top