Edukasi

Ini Alasan Kenapa Agar Jangan Membiasakan Anak Sering Main Gadget, Lihat Dampak Buruknya!

( Foto : Istimewa )

PIAH.COM – Seperti yang kita ketahui, generasi milenial umumnya memiliki kecenderungan untuk menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berada di depan gadget. Hal ini tentunya akan mempengaruhi proses pertumbuhan si kecil.

Hasil riset UNICEF bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika 2014, menunjukkan bahwa 30 juta anak dan remaja Indonesia telah menggunakan internet dengan intens hingga lima jam per hari.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Global Pediatric Health menyatakan, penggunaan perangkat teknologi selama berjam-jam, berpotensi mengganggu kualitas tidur dan nutrisi seorang anak.

Jika dibiarkan hal ini bisa mengganggu kemampuan seorang anak untuk mengatasi masalah, bergerak, berpikir dan melakukan kegiatan.

Selain itu interaksi pada gadget di siang hari, membuat mereka menjadi malas bergerak yang mengakibatkan pada pertumbuhan fisiknya.

Khawatir dengan situasi seperti ini, Tascha Liudmila yang merupakan seorang penulis buku Screen Time, mengimbau para orang tua untuk lebih selektif dalam mendidik anaknya.

“Tanggung jawab kita sebagai pihak yang lebih dewasa adalah membuat anak-anak tertarik pada aspek kehidupan sosial. Dalam hal ini para orang tua perlu menetapan batasan yang konsisten pada penggunaan perangkat digital dan menggantikannya dengan aktivitas keluarga,” tegas ibu tiga anak tersebut, saat diwawancarai di bilangan Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Tascha juga mengaku bahwa pola asuh orang tua sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan masa depan sang buah hati. Ia juga mengimbau supaya orang tua bisa membatasi penggunaan gadget sejak dini.

“Perkembangan fisik, kepribadian anak serta perkembangan kreativitas terikat erat dengan pola asuh. Artinya peran orang tua sangat penting sejak usia prasekolah, karena ini adalah usia yang tepat untuk mengembangkan kreativitas mereka,” tambahnya. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon