Tekno

Ini Alasannya Mengapa Instagram Aplikasi Medsos Terburuk Bagi Mental Penggunanya

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Menurut sebuah laporan baru-baru ini oleh Royal Society for Public Health di Inggris, Instagram menjadi saluran media sosial terburuk untuk kesehatan mental. Setelah itu, disusul Snapchat yang berada di urutan kedua.

Untuk melakukan penelitian, para peneliti mengevaluasi 1.179 orang yang tinggal di Inggris, antara usia 14 hingga 24 tahun. Mereka ditanya bagaimana Facebook, Instagram, YouTube, Twitter dan Snapchat memberi dampak pada diri mereka sendiri.

Hasilnya, platform media sosial juga dinilai berdasarkan dampaknya pada kualitas tidur, kecemasan, depresi, takut ketinggalan (FOMO), kesepian, intimidasi, dan masalah citra tubuh. Laporan ini sebagian besar mencerminkan apa yang dirasakan para peserta setelah melalui umpan foto di semua platform dan dilakukan untuk memahami dampaknya terhadap kesehatan mental seseorang.

Dari 5 situs jejaring sosial ini, platform berbagi foto ini ditemukan untuk membuat para pengguna merasakan yang terburuk. Instagram ternyata membuat orang merasa tidak aman, terutama wanita dan anak perempuan.

Alasan utama di balik hal yang sama ialah sejumlah filter yang digunakan orang untuk tampil benar-benar ‘sempurna’.

Gambar-gambar secara terang-terangan diedit, ‘candid’ dan ‘menjadi sempurna. Ini tentu dapat menanamkan perasaan perbandingan dan keputusasaan yang kuat, membuat wanita merasa seperti mereka tidak melakukan yang cukup dalam hidup mereka.

Bagian yang menyedihkan adalah bahwa orang benar-benar membandingkan diri mereka dengan versi foto, yang dipilih dengan hati-hati, setelah banyak kali mengambil gambar dan kesalahan.

Instagram sebenarnya telah melahirkan praktik menerapkan lapisan filter dan mengedit foto dengan hati-hati sebelum membuatnya online untuk dilihat dunia. Selain itu, menyaksikan versi kesempurnaan orang lain yang salah dapat menyebabkan tingkat kepuasan hidup yang lebih rendah dan bahkan secara drastis memengaruhi suasana hati seseorang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top