News

Ini Cara Melihat Gerhana Bulan Total Jika Jakarta Hujan

ramalam cuaca saat gerhana bulan total, foto sumber : int

PIAH.COM – Mengenai Fenomena Gerhana Bulan Total yang akan terjadi pada besok Rabu 30/01/2018, masyarakat sangatlah menantikan sebuah fenomena yang terjadi 152 tahun sekali, dimana sebuah fenomena langkah yang mungkin tidak akan bisa kita lihat lagi.

Namun mengingat kondisi cuaca Indonesia yang kini sedang masuk ke musim hujan, membuat perbandingan 50/50 kita apakah bisa menyaksikan Fenomena Gerhana Bulan Total, langsung dengan mata kita.

Kepala Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko menyebut masyarakat Jakarta bisa menyaksikan fenomena tersebut, meski cuaca hujan. Caranya yaitu melalui teropong bintang, tak bisa dengan teleskop biasa. Planetarium Cikini di Jakarta Pusat, punya fasilitas tersebut.

“Masih bisa dimungkinkan menggunakan alat seperti di Planetarium (Cikini). Itu kan teropongnya teropong bintang, kan jauh, itu yang bisa,” kata Hary saat dihubungi, Selasa 30/01/2017.

“(Teleskop biasa) Kurang bisa, kurang optimal,” tukasnya.

Selain diprediksi hujan, Jakarta juga disebut akan tertutup awan 62 persen. Jika cuaca hanya berawan seperti itu, Hary mengatakan masyarakat masih dapat menonton fenomena super blue blood moon dengan mata telanjang.

“Kalau kondisinya masih berawan-berawan yang semburat, itu masih memungkinkan. Kalau yang sudah hujan, hanya bisa menggunakan bantuan peralatan,” tutur dia.

Periode berlangsungnya super blue blood moon disebut Hary cukup lama untuk kali ini. Jadi, masyarakat bisa saja menyaksikannya tanpa bantuan alat, jika dalam periode tersebut Jakarta hanya berawan. Untuk diketahui, super blue blood moon mulai sekitar pukul 17.20 WIB dan berakhir pada 23.10 WIB.

“Masih bisa mata telanjang karena kita tahu anginnya relatif kencang ya, jadi anginnya kayak tampilannya bulan itu, kadang tampak, kadang terhalang,” tutur Hary.

Sebuah fenomena alam yang langkah terjadi, dimana akan sangat disayangkan jika kita tidak bisa melihatnya secara langsung, ( fik/piah ).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top