Edukasi

Ini Cara Membesarkan dan Beri Pelajaran Agar Anak Bisa Mandiri

Ilustrasi. Foto: Istimewa

PIAH.COM – Ada banyak cara untuk membesarkan anak agar menjadi pribadi yang mandiri. Hal itu harus diasah sejak dini.

Mengutip dari akun instagram @ibupedia_id, Sabtu, (11/08/2018), Ibu bisa mengajarkan anak dengan sesuatu hal yang positif. Mulai dari mengerjakan pekerjaan rumah yang ringan.

Melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan kebersihan gigi. Berikut adalah rincian dari cara membesarkann anak agar mandiri yang bisa Anda simak.

1. Jangan batasi anak

Kita bisa mengajarkan anak mandiri mulai sejak dini. Mulailah dengan membiarkan anak bebas mengeksplor rumah daripada menempatkannya di bouncer atau di depan televisi. Pastikan rumah anak saat dia belajar merakak dan berjalan.

2. Ajari anak

Sisihkan waktu untuk mengajari anak melakukan tugas tertentu, dan jadikan itu sebagai tanggung jawab anak. Ibu bisa memperlihatkan pekerjaan rumah yang bisa dilakukan anak sesuai dengan usia.

3. Puji usaha anak

Biarpun hasil pekerjaan rumah yang dilakukan si kecil tidak sempurna, pastikan anak tahu kalau kamu menghargai usahanya dan dorong dia untuk terus mencoba lebih baik lagi.

4. Jangan buru-buru beri bantuan

Jangan pernah membantu melakukan tugas yang sudah bisa anak lakukan. Misal, memakai sepatu, pakai baju, dan lainnya.

5. Ciptakan rumah yang ramah anak

Beri kesempatan anak untuk tumbuh mandiri dengan menempatkan barang – barang yang dia perlukan di tempat yang tidak terlalu tinggi. Jadi, dia bisa mengambil piring, mangkok, atau gelasnya sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon