Tips & Trik

Ini Dia Pilihan Menu Buka Puasa Cocok Bagi Kamu yang Lagi Diet

Ilustrasi. Foto: Istimewa

PIAH.COM – Bagi yang menjalani puasa pasti sudah menyiapkan menu buka puasanya sendiri. Apalagi yang sedang ingin menjaga bentuk tubuhnya, maka wajib menyiapkan menu buka puasa untuk diet.

Secara umum dengan berpuasa, maka dapat membantu program diet berjalan dengan lancar. Hanya saja, harus dilakukan dengan cara yang tepat.Namun, seringkali terjadi pola makan justru menjadi lebih berantakan saat bulan puasa sehingga berbagai menu yang sudah disiapkan pun berakhir dengan sia-sia.

Bahkan lebih buruk lagi, pola dan menu makanan yang salah dapat menambah berat badan serta meningkatkan kolesterol sehingga meningkatkan risiko berbagai macam penyakit.

Nah! Agar diet dapat berjalan dengan lancar, setelah kurang lebih dua belas jam tidak menyentuh makanan dan minuman apa pun kamu harus menyiapkan semua menu berbuka yang sehat dan yang paling penting adalah disiplin dalam menjalankannya.

Lalu, seperti apa gambaran menu berbuka puasa yang baik dan mampu menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa? Ikuti beberapa tipsnya berikut ini:

Mengganti jenis nasi

Jika kamu sudah terbiasa mengonsumsi nasi putih, maka di bulan puasa ini merupakan momen yang tepat untuk menggantinya dengan nasi merah. Hal ini terjadi karena nasi putih lebih banyak mengandung kalori. Bahkan jika tidak dikontrol, maka kalori tersebut dapat menganggu program diet yang kamu lakukan.

Oleh karena itu, sekarang saatnya untuk beralih ke nasi merah, karena nasi jenis ini memiliki pola yang lambat saat berada di dalam sistem pencernaan tubuh. Tujuannya tentu saja jelas, agar kamu tetap membantu perut untuk merasa kenyang. Selain itu nasi merah memiliki nilai karbohidrat yang lebih banyak dibandingkan dengan nasi putih serta kadar glukosa yang lebih sedikit dibanding jenis nasi lainnya.

Memilih jenis buah yang tepat

Pisang, semangka, apel, jeruk, hingga kurma merupakan jenis menu buah yang tepat saat sahur atau pun berbuka puasa.Pisang misalnya, memiliki kandungan karbohidrat, serat dan protein yang pas, sehingga akan membantu kamu tetap kenyang namun hidup sehat selama bulan puasa.

Sementara itu buah semangka memiliki kandungan air yang baik dan banyak, sehingga mampu membantu tubuh terhindar dari dehidrasi selama di bulan puasa. Apel dan jeruk berfungsi untuk menguatkan tubuh dengan kandungan vitaminnya.

Terakhir, kurma memiliki kandungan gula yang tepat, dan setidaknya dapat menjaga keseimbangan kadar gula di dalam tubuh selama puasa. Selain itu, kurma memiliki manfaat seperti magnesium dan potasium sebagai bentuk vitamin di dalam tubuh. Buah-buahan ini pun bahkan bisa kamu olah menjadi resep menu buka puasa untuk diet kamu kan?

Ganti dengan minuman yang sehat

Minuman isotonik atau kafein yang berlebihan seperti cokelat atau kopi sebaiknya segera dihindari sebagai menu pilihan saat sahur atau berbuka puasa. Hal ini dikarenakan minuman seperti ini memiliki kandungan kafein yang tinggi justru akan mempercepat energi tubuh menjadi hilang dan membuat kamu mudah lemas.

Minuman jenis susu sebaiknya juga layak untuk dipertimbangkan sebagai menu setelah berbuka puasa. Apalagi jika memilih susu rendah lemak dan tidak akan berpengaruh besar terhadap keseimbangan tubuh kamu.

Bahkan tidak jarang pula, dengan mengonsumsi minuman ini, cairan tubuh akan cepat berkurang dan menimbulkan risiko dehidrasi. Oleh karena itu, selalu siapkan minuman standar seperti air putih sebagai menu untuk sahur dan berbuka yang sehat ya!

Seimbangkan dengan makanan kaya nutrisi

Jika akan mengonsumsi makanan yang berat baik, khususnya saat berbuka, pastikan kamu memiliki menu makanan yang memiliki nutrisi yang lengkap dan baik.

Menu ini bisa dilihat dari lauk pauk yang disediakan, apakah memiliki karbohidrat, protein, serta, dan mineral yang cukup untuk tubuh. Jika sudah lengkap maka menu ini bisa kamu santap di saat berbuka puasa nanti.

Pantangan untuk menu yang sehat

Agar seimbang, tentunya penting untuk mengetahui pantangan yang akan kamu santap nanti saat berbuka puasa. Oleh karena itu, sekarang saat yang tepat untuk mencermati jenis makanan apa saja yang menjadi pantangan sebagai menu berbuka puasa untuk diet kamu.

Hindari minuman dengan kadar gula yang tinggi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cokelat, teh, hingga minuman isotonik memiliki kandungan gula yang tinggi di dalamnya. Oleh karena itu, jika kamu mengonsumsi minuman ini ketika sudah menyiapkan rencana menu diet, maka dipastikan prosesnya tidak akan berjalan lancar.

Apalagi, jika minuman ini dikombinasikan dengan es, bisa dipastikan akan membuat perut menjadi kembung sehingga berakibat pada kondisi lambung yang tidak mampu menerima asupan gizi yang baik saat berbuka. Oleh karena itu,sebaiknya kamu menghindari makanan atau minuman yang memiliki kadar gula tinggi saat berbuka puasa ya!

Kurangi makanan yang berminyak

Saat berbuka puasa, pastinya kamu pernah langsung mencicipi makanan berminyak seperti gorengan. Selain itu, makanan jenis ini bahkan tidak akan membantu kamu untuk kenyang.

Apalagi jika dikombinasikan dengan makanan berat yang juga digoreng. Mengonsumsi makanan yang banyak digoreng justru akan membuat rencana diet kamu tidak berjalan dengan sempurna. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang berminyak saat berbuka puasa nanti.

Garam yang berlebihan akan berbahaya

Selain makanan yang berminyak, menu makanan dengan kandungan garam yang tinggi pun akan membuat pola diet kamu berantakan. Hal ini karena terjadi karena garam dapat membuat tubuh kamu justru mengalami dehidrasi.

Apalagi jika mengonsumsi makanan bergaram saat sahur, dipastikan tubuh kamu akan kekurangan cairan selama dua belas jam berpuasa. Hal yang sama pun berlaku saat berbuka puasa. Tubuh kamu akan membutuhkan air yang berlebihan setelah berbuka puasa dan itu bisa mengancam pola diet yang sedang kamu lakukan.

Oleh karena itu, hindari mengonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi baik saat sahur dan berbuka puasa ya!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top