Edukasi

Ini Manfaat dari Daun Sirih Merah dan Sirih Hijau

PIAH.COM – Daun Sirih merupakan salah satu daun herbal yang mempunyai banyak manfaat yang dapat digunakan oleh manusia. Dimana dipercaya memiliki khasiat dari daun yang paling terkenal sebagai pembersih kewanitaannya dan memiliki banyak varian serta manfaat masing-masing didalamnya.

Tanaman yang dapat tumbuh menjulur serta berdaun lebar ini yang kaya akan kandungan tannin, saponin, eugenol dan bermacam jenis minyak esensial lainnya. Daun sirih yang juga dikenal sebagai antii-septik, pendingin kulit dan anti-inflamasi.

Daun ini bisa dimakan atau diminum air rebusannya, yang bakal terasa untuk organ-organ tubuh, berikut ini manfaat daun sirih merah ataupun hijau untuk kesehatan tubuh dari berbagai sumber.

Manfaat daun sirih merah
Daun sirih merah memiliki kandungan yang sama dengan sirih hijau, hanya saja sirih merah yang diperkaya dengan flavonoid. Seperti yang dikutip dari DrHealthBenefits.com, berikut ini manfaat daun sirih merah bagi kesehatan.

  1. Menghentikan mimisan
    Kandungan fenil poppies dan terpene yang membantu menghentikan pendarahan hidung. Caranya gulung selembar daun sirih, lantas masukkan ke lubang hidung yang mimisan.
  2. Pengobatan luka bakar ringan
    Antioksidan, alkaloiod dan vitamin C yang membantu meredakan peradangan di area kulit yang terbakar. Hancurkan 3-5 daun sirih merah, lantas campur dengan 2 sendok the madu dan letakkan di kulit yang terbakar 2 kali sehari.
  3. Obat gusi berdarah
    Kandungan kalsium, tanin, saponin dan mineral forsor mampu meredakan peradangan pada gusi berdarah. Rebus 10 lembar daun sirih merah dan gunakan airnya untuk berkumur-kumur 3 kali sehari.
  4. Obat bronchitis
    Rebus 6-10 daun sirih merah dalam 300 ml, sisakan airnya tinggal separuh. Minum secara teratur 3 kali sehari.
  5. Mengobati Sakit Perut
    Kandungan klavikula dan terpenoid dapat mengobati sakit perut. Minum ai rebusan 7 lembar daun sirih, minum 3 kali sehari.
  6. Obat tekanan darah tinggi
    Campurkan air rebusan daun sirih merah dan madu, kemudian minum 2 kali sehari.
  7. Obat Batuk
    Siapkan 5 lembar daun sirih merah, rebus dengan air 300 ml, kemudian minum 2 kali sehari.
  8. Obat asam urat
    Daun sirih merah mampu redakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat dalam tubuh. Resbus 8 lembar daun sirih merah dengan 500 ml air hingga tersisa 3 gelas. Minum segelas 3 kali sehari.

Manfaat daun sirih hijau

  1. Mengobati sakit tenggorokan
    Sifat anti bakteri dapat dijadikan sebagai obat alami untuk demam dan sakit tenggorokan.
  2. Menurunkan berat badan
    Minum rebusan air daun sirih dapat meningkatkan sistem metabolisme, dan menghilangkan kelebihan air dan racun dalam tubuh.
  3. Mencagah bau badan
    Minyak esensial mampu mengatasi bau badan yang tak sedap, serta anti-bakteri yang dimilikinya.
  4. Untuk Wajah dan Hilangkan Jerawat
    Sifat anti-septik dan anti-bakteri mampu mengatasi jerawat di wajah, dada dan punggung. Gunakan handuk bersih, celupkan ke dalam air hangat yang telah dicampur sirih tumbuk. Usapkan pada wajah yang sudah dibersihkan dari makeup. Lakukan minimal 2 kali sehari, sesudah mandi dan sebelum tidur.
  5. Untuk Miss V
    Rebus 5-10 lembar daun sirih ke dalam 250 ml air. Kemudian saring, air rebusan gunakan untuk mencuci area kewanitaan yang bermasalah.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon