MITOS

Ini Mitos Dalam Perayaan Imlek, Apa Saja Itu ?

PIAH.COM – Sebentar lagi tahun baru Imlek akan segera datang, dimana perayaan hari raya ini dirayakan oleh para warga keturunan Chinese, tentunya banyak sekali tradisi yang harus dilaksanakan dalam menyambut tahun baru Imlek tersebut.

Tradisi yang sudah menjadi hal turun temurun, dan berlanjut hingga sekarang, dan ada beberapa hal mitos dalam tradisi Imlek yang haruslah dilakukan dan tidak boleh dilanggar, tentunya hal ini dilakukan demi melestarikan budaya, apa saja itu ? mari kita simak.

1. POTONG RAMBUT SUPAYA BUANG SIAL

Jika kamu suka mengalami kesialan, alangkah lebih baik jika potong rambut sebelum Imlek. Konon katanya, rambut yang terpotong itu sebagai tanda kesialan sudah hilang. Pantang banget buat potong rambut ketika atau sesudah Imlek. Karena, katanya itu malah buang hoki. Begitu pula dengan keramas. Lebih baik dilakukan minimal sehari sebelum Imlek supaya nggak sial dan hoki terus!

2. NGGAK BOLEH MENYAPU RUMAH

Katanya, bisa menyapu seluruh rezeki kita. Dan, alat-alat rumah tangga, seperti penyedot debu, kemoceng, kain pel dan lain-lain yang biasa digunakan buat membersihkan rumah juga harus dihindari karena juga dianggap bisa menyapu keberuntungan. Kalau mau menyapu atau bersih-bersih rumah, lebih baik dilakukan sebelum Imlek. Wah, enak banget, ya, jadi nggak perlu terlalu capek pas Imlek!

3. KALAU BELUM NIKAH NGGAK BOLEH KASIH ANGPAO

Mitos yang satu ini sangat menguntungkan untuk para jomlo. Karena, yang boleh kasih angpao itu hanya orang-orang yang sudah nikah. Sementara yang belum nikah, tugasnya cuma terima angpao. Enak banget kan! Di masa inilah para jomlo bisa terhibur sedikit. Setidaknya, mereka bisa jadi orang kaya selama Imlek. Katanya, kalau belum nikah terus kasih angpao, bisa bikin masa menjomlo makin lama dan nggak nikah-nikah.

4. HARUS DAMAI SAMA KELUARGA

Nggak boleh berantem, nggak boleh memukul, atau berkata kasar sama keluarga pas Imlek. Karena, kalau kita nggak berdamai dengan keluarga, kita bisa nggak akur sama mereka selama setahun, bahkan jauh dari hoki. Kalau misalnya kita bersikap baik sama mereka pas Imlek, hubungan kita dengan keluarga bakal adem-adem aja dan hoki terus!

5. BAJU MERAH = SENANG, BAJU PUTIH = DUKA

Pas Imlek, sering lihat kan orang-orang berhamburan pake baju warna merah? Nah, itu karena warna merah sendiri menggambarkan tentang kebahagiaan. Sedangkan, baju warna putih itu menggambarkan duka. Jadi, kurang bagus kalau pas Imlek kamu pakai baju putih. Karena, baju putih itu lebih cocok dipakai pas di rumah duka.

6. NGGAK BOLEH PAKAI PAKAIAN SOBEK

Bukan karena sengaja pengin pakai baju sobek pas Imlek, tapi kadang ada baju yang modelnya sengaja dibuat sobek karena mengikuti tren. Nah, hal itu pantang dilakukan saat Imlek karena dianggap telah memotong keberuntungan. Begitu pula juga dengan kegiatan memotong kain atau baju dengan menggunakan benda tajam. Sangat pantang dilakukan karena juga dianggap memotong keberuntungan.

7. HUJAN LEBAT DAN ANGIN KENCANG BAWA REZEKI

Bagi orang Tionghoa, mereka percaya bahwa hujan membawa rezeki. Karena, dengan turunnya hujan, tanah menjadi subur dan nggak kekeringan. Ada juga yang percaya bahwa turunnya hujan menjelang Imlek merupakan pertanda Dewa Hujan turun ke bumi untuk memberi berkah. Memang sih, menjelang Imlek pasti selalu hujan dan kadang disertai angin kencang. Tapi, itu sepenuhnya bukan karena mitos. Melainkan karena Imlek memang selalu jatuh di bulan Januari atau Februari yang merupakan musim hujan.

8. NGGAK BOLEH BERNYANYI

Menyanyi ketika Imlek dipercaya bisa mendatangkan hantu dan bisa membuat kondisi kita menjadi buruk. Ehm, terdengar nggak masuk akal, ya! Padahal, menyanyi adalah salah satu ungkapan kebahagiaan saat kita lagi senang. Tapi, untuk mencegah kesialan, ada baiknya hal ini dihindari dulu saat Imlek.

Itulah mitos dalam tradisi perayaan hari raya Imlek, tentunya hal ini masih dijalankan oleh para warga keturunan Chinese, demi menghargai warisan leluhur, ( fik/piah ).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top