MITOS

Inilah Beberapa Manfaat Cuci Muka Setelah Beraktifitas, Kamu Harus Tau

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Kebanyakan wanita lupa atau bahkan malas untuk cuci muka setelah beraktifitas. Ssetelah beraktifitas, tentunya banyak bakteri serta debu kotoran yang menempel pada permukaan kulit wajah atau bahkan sisa-sisa make up yang mengandung bahan – bahan kimia.

Berikut ini manfaat mencuci muka yang harus kamu ketahui.

1. Mengecilkan pori

Debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori membuat pori menjadi melebar ketika kamu tidur. Sehingga ketika kita mencuci muka, kotoran-kotoran yang menyumbat pori akan hilang, pori-pori yang melebar  pun akan mengecil kembali.

2. Membantu kulit bernapas

Kotoran dan debu yang menyumbat pori-pori membuat kulit kita kesulitan untuk bernapas. Dengan mencuci muka sehabis beraktifitas, maka pori – pori akan bersih dan bernapas dengan lancar.

3. Memaksimalkan regenerasi kulit

Mencuci muka juga membantu untuk regenarasi kulit mati pada wajah. Regenerasi kulit biasanya berlangsung di malam hari ketika kita tidur. Wajah yang bersih di malam hari akan membantu proses regenerasi kulit wajah.

4. Mengurangi jerawat

Penyebab jerawat umumnya karena kotoran dan bakteri yang menempel pada kulit wajah. Rajin membersihkan wajah dengan cuci muka akan membantu untuk mengangkat bakteri dan kotoran sebelum membentuk jerawat-jerawat baru.

5. Menjaga kesehatan bulu mata

Biasanya, wanita sering menggunakan make up untuk beraktifitas. Salah satunya adalah maskara yang digunakan untuk membuat bulu mata terlihat lebih cantik.

Namun, maskara yang menempel sampai semalaman akan membuat bulu mata terpapar bahan kimia riasan. Hal itu tentu saja merusak proses pertumbuhan bulu mata itu sendiri.

Mencuci muka sangat diperlukan untuk mengangkat sisa-sisa make up sehingga bulu mata dapat tumbuh dengan sehat.

6. Mendetoksifikasi racun

Polusi udara dan makanan yang kita konsumsi, tanpa kita sadari mengandung zat yang menjadi racun dalam tubuh kita. Racun-racun tersebut bersembunyi di dalam kulit dan tidak mudah untuk dikeluarkan.

Dengan mencuci wajah menggunakan air hangat sebelum tidur, dapat membuka pori-pori dan menghasilkan keringat. Keringat-keringat itu akan membawa racun keluar dari dalam tubuh. (yan/piah)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top