MITOS

Jangan Dibuang! Inilah Beberapa Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Selain memiliki rasa yang lezat, buah alpukat juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Tidak hanya bagian daging buahnya saja, biji alpukat juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut Beberapa Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan Tubuh.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Menurut Tom Wu, seorang dokter peraih penghargaan dari PBB dan American Cancer Society. serat larut yang terkandung dalam biji alpukat bisa menjaga kesehatan jantung, karena bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Karena kaya akan serat, biji alpukat juga ampuh untuk mengatasi gangguan pencernaan. Cara mengonsumsinya, kamu bisa memarut biji alpukat, kemudian taburkan di berbagai makanan favoritmu, seperti salad, sup, atau smoothies.

3. Membantu menjaga daya tahan tubuh

Sebuah studi yang dilakukan National University of Singapore menemukan bahwa biji alpukat mengandung antioksidan yang jauh lebih besar dari pada biji buah lainnya, seperti mangga atau nangka.

Sekitar 70 persen kandungan antioksidan dalam alpukat dipercaya justru terkandung pada bijinya. Antioksidan pada biji alpukat ini tentu bisa menangkal radikal bebas, sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit.

4. Menyembuhkan radang

Biji alpukat memiliki sifat bakterisida dan fungisida. Ini berarti biji alpukat mampu menetralisir berbagai mikroorganisme berbahaya. Selain itu, biji alpukat juga berfungsi sebagai antiinflamasi, sehingga bisa digunakan sebagai obat radang.

5. Bermanfaat untuk kesehatan tulang

Selain dapat menyembuhkan radang, kandungan fosfor dan potassium pada biji alpukat juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

6. Membasmi jerawat

Selain dikonsumsi, biji alpukat yang mengandung sifat antibakteri juga bisa digunakan sebagai masker wajah yang mampu untuk mengatasi jerawat. Kamu bisa mencampur parutan biji alpukat dengan bubuk tanah liat, tambahkan air, dan oleskan pada wajah. Setelah 15 menit, bilas wajah dan oleskan krim pelembab. (yan/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top