MITOS

Jangan Dipencet! Ini Cara Paling Tepat dan Aman Hilangkan Jerawat

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Jerawat! Ugh, rasanya kalau wajah sedang berjerawat kita nggak mau pergi keluar rumah. Selain menurunkan rasa percaya diri, jerawat membuat kulit kita terasa sakit dan terlihat nggak bersih. Kantung-kantung kecil di bawah kulit yang dipenuhi dengan minyak alami sel-sel kulit mati, bakteri dan sel darah putih benar-benar dapat membuat wajah jadi kurang enak untuk dipandang.

Jerawat sangat mengganggu dan menjijikkan, dan tidak heran kalau Anda ingin langsung memencetnya. Meskipun sebagian besar dari kita berpikir dengan memecahkan jerawat, maka jerawat itu akan hilang, kenyataanya hal itu justru itu tidak boleh dilakukan.

Namun, jika Anda harus menghilangkan jerawat itu, inilah cara melakukannya dengan cara yang paling aman dan terbersih menurut dermatologi.

Kenapa Jerawat Tidak Boleh Dipencet?

Dokter kulit Dr. Tsippora Shainhouse menyebut alasan mengapa jerawat tidak boleh dipencet atau dipecahkan.

“Sangat menggoda untuk menekan jerawat memerah yang menyakitkan di bawah kulit atau benjolan berisi nanah, tetapi jika tidak dilakukan dengan benar, ini dapat membuat situasinya lebih buruk,” kata Dr. Tsippora Shainhouse.

Shainhouse menjelaskan jika jerawat itu dalam atau jika tidak ada pori yang terbuka, memencetnya akan menyebabkan rasa sakit dan akan meradang, melebarkan pembuluh darah, menarik cairan dan sel darah putih ke area tersebut dan membuatnya tampak lebih besar dan merah.

Jika “muncul” di bawah kulit, itu dapat menyebabkan infeksi lokal (selulitis), yang akan menjadi merah, bengkak, dan lunak selama berhari-hari.

Selain itu, jika jari-jari Anda tidak bersih, lalu Anda memeras jerawat tersebut sama saja dengan Anda Anda memasukkan bakteri lain (biasanya staphylococcus) ke dalam jerawat yang sobek dan ke dalam pori-pori yang berdekatan dan menyebabkan infeksi kulit sekunder.

Lalu Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat yang Aman?

Ahli dermatologi, Dr. Paul Dean mengatakan jerawat yang masih bisa untuk dipencet adalah jerawat putih kecil, komedo dan pustula (bercak merah meradang dengan jerawat putih yang jelas).

Yang mana yang tidak boleh disentuh? Jerawat yang berwarna merah (tidak ada putih-putih), yang mungkin merupakan noda yang lebih dalam. Sangat penting memiliki wajah bersih dan tangan bersih untuk meminimalkan penyebaran bakteri.

Shainhouse merekomendasikan untuk mengusap jerawat dengan spiritus untuk mendisinfeksi kulit. Anda dapat menggunakan dua jari Anda, tetapi Shainhouse menyarankan menggunakan jarum atau pin yang dicelupkan ke spiritus dan kemudian usapkan ke jerawat.

Shainhouse mengatakan untuk kemudian menggunakan dua kapas bersih untuk menghilangkan nanah atau sebum / puing-puing sel kulit mati. Dean menyarankan untuk selanjutnya menggunakan pelembab bebas minyak untuk melembapkan tanpa menyumbat pori-pori.

“Sangat penting untuk menjaga kulit tetap lembab, bahkan kulit yang bernoda akan mendapat manfaat dari kelembapan yang ditambahkan. Coba gunakan serum hyaluronic yang akan menambah kelembapan,” terangnyanya.

Setelah menggunakan pelembab, Dean mengatakan bahwa yang terbaik adalah menemukan perawatan yang cocok dan memberikan hidrasi tetapi dapat bekerja dengan cepat dan menghilangkan kemerahan dan iritasi.

Terakhir jauhkan tangan Anda dari jerawat, karena itu akan membantu mengurangi jerawat Anda. Jika Anda terus menyentuh wajah dan area yang terinfeksi, itu hanya akan memperburuknya.

Serahkan pada ahli

Pada akhirnya, Shainhouse dan Dean merekomendasikan untuk mengunjungi dokter kulit ketika Anda memiliki jerawat yang tidak kunjung hilang.

“Dokter Anda akan mengambil tindakan pencegahan tertentu, seperti menggunakan alat steril saat mengeluarkan isi jerawat, menjadikannya pilihan yang jauh lebih bersih dan sehat untuk merawat jerawat Anda dan kesehatan kulit Anda secara keseluruhan,” tutur Dean.

Tidak bisa menunggu? Berita baiknya adalah, menurut Dean, kebanyakan jerawat akan mereda dan sembuh dalam tiga hingga tujuh hari. Jadi, jika Anda bisa menahan keinginan untuk memencetnya maka jerawat akan cepat pergi dari wajah Anda. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top