Tips & Trik

Jangan Khawatir Takut Kehabisan Tiket, Ini 7 Cara Biar Mudik Lebih Nyaman dan Tenang

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Mudik, sebagai salah satu rutinitas tahunan masyarakat Indonesia, selalu memiliki kisah tersendiri. Satu hal yang pasti, beberapa orang mengalami kejadian sial seperti kehabisan tiket, baik transportasi darat, laut, atau pun udara.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah cara yang bisa kamu lakukan agar tak kehabisan tiket untuk mudik Lebaran.

1. Cek penyedia dan penjualan tiket online

Beberapa transportasi publik sekarang sudah dapat dipesan secara online. Kamu bisa rutin mengecek di beberapa situs web informasi tiket transportasi publik, seperti di KAI.id. Jika perlu, kamu bisa tanyakan kepada Customer Service tentang keberadaan tempat duduk yang kosong.

2. Cek e-commerce

Beberapa e-commerce juga ada yang menyediakan jasa pembelian tiket. Selain itu, ada juga promo tiket mudik yang bisa didapatkan. Kalau perlu ketikan ’tiket’ di kolom ‘Search’. Nantinya akan ada beberapa lapak yang menyediakan pemesanan tiket.

3. Cek media sosial

Untuk mempermudah, gunakan fitur hashtag. Kamu bisa mencoba hashtag #tiket #tiketmudik atau #tiketmudik2019. Dari situ, kamu bisa mulai pilah-pilih transportasi mana yang kamu inginkan.

4. Unduh aplikasi penjualan tiket

Penjualan tiket secara online juga ada yang berbentuk aplikasi, entah dari KAI, maskapai penerbangan, pengusaha bis-bis atau travel, atau kapal. Segera download aplikasi tersebut dan lakukan pengecekan secara rutin.

5. Cek dengan tanggal dan hari yang acak

Jangan hanya berpatokan pada tanggal yang telah kamu tentukan. Buatlah jadwal mudik yang fleksibel. Karena ada beberapa orang yang akhirnya membatalkan perjalanan dan mengembalikan tiketnya juga. Ketika itu, kamu bisa memanfaatkannya.

6. Ikuti program mudik gratis

Program ini sudah dilakukan oleh pemerintah selama bertahun-tahun. Tahun ini, Pemerintah Republik Indonesia bekerja sama dengan BUMN untuk menyelenggarakan mudik gratis. Masih ada beberapa seat yang bisa kamu manfaatkan. Kamu juga bisa ikut mudik gratis yang diadakan perusahaan-perusahaan besar.

7. Cari tumpangan

Bertanyalah kepada teman-temanmu ketika tiket mudik tak kunjung didapat. Setelah itu tanyakan apakah masih ada space yang kosong atau tidak. Kalau masih, kamu bisa ikut mudik bersama teman-temnanmu.

Langkah di atas bisa saja berhasil asal kamu benar-benar berusaha. Good luck!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top