MITOS

Jangan Lagi Percaya! Inilah Fakta Mengerikan di Balik Ungkapan ‘Belum 5 Menit’

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Saat kalian mau makan sesuatu, dan ternyata makanan yang mau kalian makan itu jatuh. Pasti di pikiran kalian itu langsung terbesit ungkapan “belum 5 menit” yang sering diucapin sama orang-orang.

Kalian pasti beranggapan bahwa makanan yang jatuh itu masih bersih, dan aman untuk dimakan selama belum 5 menit terjatuh. Di luar negeri juga ada mitos seperti ini, kebanyakan mereka mengenalnya dengan istilah “five-second rule”.

Seperti yang diungkapkan oleh Paul Dawson, PhD dan Brian Sheldon, PhD, ilmuwan makanan sekaligus pengarang buku “Did You Just Eat That?“.

Menurut mereka berdua, ketika makanan sudah bersentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi, maka bakteri akan segera berpindah ke makanan tersebut.

Para ilmuwan makanan tersebut juga membandingkan ungkapan tersebut dengan mengendarai mobil tanpa mengenakan sabuk pengaman. Pengendaranya mungkin akan baik-baik saja, tapi ada resiko yang besar.

Mereka pernah melakukan percobaan dengan dengan memberikan bakteri salmonella pada tiga permukaan yang berbeda, yakni ubin, karpet dan kayu. Kemudian mereka menjatuhkan makanan (bologna dan roti) pada tiap permukaan tersebut.

Mereka menghitung seberapa banyak bakteri yang berpindah ke makanan selama waktu 5 detik, 30 detik, dan 60 detik.

“Kami menemukan bahwa bakteri berpindah ke makanan hanya dalam waktu 5 detik, yang berarti bahwa mungkin nggak aman untuk dimakan.”

Makanan yang jatuh lebih lama, lebih banyak bakteri yang berpindah, dan ini mungkin yang membuat beberapa orang tetap percaya mitos tersebut. Namun, karena beberapa perpindahan bakteri terjadi secara instan, mitos tersebut tetap saja salah.

Sedangkan jenis makanan basah seperti daging, nasi, dan keju tidak disarankan untuk dikonsumsi lagi jika sudah terjatuh. Penyebabnya, bakteri akan cepat berkembang pada tempat yang lembab.

Jadi, jangan biasakan diri untuk mengambil makanan yang jatuh ke lantai sambil bilang ‘belum 5 menit’. Karena kebiasaan ini bisa berakibat buruk pada kesehatan pencernaan. (yan/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top