Tips & Trik

Jelang Lebaran, 5 Tips Belanja Nyaman Agar Terhidar dari Diskon Palsu

Ilustrasi. Foto: Istimewa

PIAH.COM – Menjelang Lebaran, banyak merchant atau e-commerce menawarkan berbagai promo dan diskon. Diskon atau promo memang menjadi satu teknik marketing yang luar biasa menguntungkan, tidak hanya bagi para penjual tetapi juga bagi para pembeli.

Sayangnya, tidak semua diskon atau promo tersebut bisa menguntungkan. Berikut cara agar kamu bisa terhindar dari jebakan diskon dilansir dari berbagai sumber seperti dibawah ini:

1. Perhatikan besaran diskon

Aturan ini yang paling banyak membuat pelanggan terkelabui. Masing-masing diskon memiliki cara pengaturannya sendiri. Seperti diskon 70 persen yang tidak sama dengan 50 persen+20 persen. Keduanya memiliki harga akhir yang berbeda.

2. Perhatikan produk yang dijual

Salah satu alasan mengapa produk tersebut didiskon hingga mencapai 70 atau 80 persen adalah karena produknya cacat (produk reject). Sebagai pembeli, kamu harus berhati-hati karena tidak semua penjual memberi informasi bahwa produk tersebut adalah barang reject.

3. Cari tahu harga

Sebelum membeli barang diskon, ada baiknya kamu mengetahui harga dari tiap produk. Karena biasanya diskon diberikan setelah harga normal dinaikkan. Meskipun ada juga yang diskon yang dihitung dari harga standar produk karena merupakan stok lama.

4. Pusatkan pada brand

Diskon atau promo produk brand ternama biasanya memang berasal dari stok lama, tetapi brand yang populer memiliki tren model yang bisa bertahan lama pula. Sehingga produk yang kamu belu akan selalu up-to-date.

5. Berkunjung ke beberapa toko

Jangan pernah terpaku dengan satu toko jika kamu memang mencari produk dengan harga paling terjangkau. Bisa saja brand atau produk yang kamu cari lebih mahal di satu toko sedangkan di toko lain bisa lebih murah. Hal tersebut karena setiap toko menerapkan sistem subsidi silang yang berbeda-beda.

Sebelum memburu diskon cobalah untuk tetap memprioritaskan kualitas produk.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top