Informasi Publik

Jose Mourinho Dipecat, Berikut Fakta-Faktanya

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Jose Mourinho akhirnya resmi dipecat oleh pihak klub Manchester United dari jabatannya sebagai Manajer Setan Merah. Hal tersebut dikemukakan oleh akun Twitter resmi @ManUtd.

Dibalik pemecatan Jose Mourinho, banyak hal dan rumor yang terjadi. #Mourinho pun trending ke 10 di media sosial Twitter (18/12/2018).

Berikut beberapa fakta-fakta dan rumor terkait pemecatan Mourinho sebagai Manajer klub Liga Inggris Manchester United :

1. Pernyataan Lengkap Manchester United terkait Pemecatan Jose Mourinho

Keputusan Manchester United memecat Jose Mourinho diambil oleh manajemen Setan Merah setelah melihat performa Paul Pogba dkk yang tak menawan sepanjang musim ini. Berikut pernyataan resminya :

“Manchester United mengumumkan Manajer Jose Mourinho meninggalkan klub. Pihak klub mengucapkan terima kasih kepada Jose atas kinerjanya selama ini di Manchester United”.

“Semoga dia meraih sukses di masa depan. Caretaker manajer akan mendapat tugas sampai akhir musim ini, di tengah klub melakukan proses pemilihan dan perekrutan manajer baru,”

2. Jose Mourinho Tiga Kali Dipecat Gara-gara Juergen Klopp

Karier Mourinho sebagai pelatih Manchester United berakhir setelah menelan kekalahan 1-3 di markas Liverpool di ajang Premier League, Minggu (16/12/2018).

Ternyata, ini bukan kali pertama Mourinho dipecat usai dikalahkan tim asuhan Juergen Klopp.

Pada 21 Mei 2013, Mourinho dipecat Real Madrid setelah menelan kekalahan 1-4 dari Borussia Dortmund di babak semifinal Liga Champions. Pada saat itu, Dormund masih diasuh Klopp.

Selepas dipecat Madrid, Mourinho kembali ke Chelsea, kembalinya Mourinho ke klub raksasa London hanya dapat bertahan dua musim.

Pelatih asal Portugal itu dipecat oleh manajemen Chelsea pada 2015 setelah The Blues takluk 1-3 di tangan Liverpool. Pada saat itu The Reds sudah diasuh Juergen Klopp.

Dan kali ini Mourinho dipecat Manchester United setelah dikalahkan Liverpool (asuhan Klopp) dengan skor 1-3 di Stadion Anfield akhir pekan lalu. Artinya, sudah tiga kali Mou dipecat setelah tim asuhannya dikalahkan Klopp.

3. Pernyataan mantan pemain Man United terkait pemecatan Mourinho

Mantan pemain Manchester United Michael Owen menyatakan ketidakmampuan Mourinho dalam mengatur tim dan salah pilih pemain di bursa transfer. Menurut Owen selama dua musim setengah membesut Manchester United, Mourinho tak melakukan perubahan apapun.

“Saya tidak melihat perubahan apa pun. Sejujurnya tidak. Saya pikir para pemain jauh lebih baik dari apa yang mereka tunjukkan sebelumnya, tetapi Mourinho, dua setengah musim?” tutur Owen.

“Jika dia (Mourinho) berada di sini enam bulan, saya akan berpikir, ‘Tunggulah sampai pemainnya masuk dan dia mendapat jendela transfer dan semuanya berubah’. Dua setengah tahun, apakah ada yang akan berubah sekarang?” kata Owen.

4. Situs resmi MU Error pasca pemecatan Mourinho

Situs web resmi Manchester United (MU) dengan alamat www.manutd.com, sempat mengalami error, tak lama setelah klub sepakbola tersebut memecat Jose Mourinho sebagai manajer.

Hal ini ramai diperbincangkan di Twitter. Sejumlah cuitan warganet juga membanjiri linimasa media sosial tersebut, Selasa (18/12/2018).

5. Kandidat pelatih tuk menjadi pengganti Mourinho

Setelah memecat Mourinho, manajemen Man United mengonfirmasi akan menunjuk caretaker dalam waktu dekat. Nantinya, caretaker tersebut akan bertugas menangani Paul Pogba dan kawan-kawan hingga akhir musim ini.

Hal itu berarti, tidak ada pelatih permanen yang menangani Man United dalam waktu dekat. Paling cepat, pelatih permanen akan membesut Romelu Lukaku serta kolega pada awal musim 2019-2020.

Rumor pelatih yang kemungkinan akan menangani Man United musim depan adalah : Lucien Favre (Borussia Dortmund), Massimiliano Allegri (Juventus), Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur), Laurent Blanc dan Zinedine Zidane. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon