Berita Hoax

Kabar Aktivitas Vulkanik Gunung Salak Erupsi itu Hoax

( Foto : Istimewa )

PIAH.COM – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menanggapi kabar yang beredar tentang adanya erupsi Gunung Salak, Bogor, Rabu (10/10/2018). Hasil pengamatan lembaga itu menunjukkan isu tersebut tidak benar.

“Hasil observasi lapangan yang dilakukan secara langsung oleh pengamat Gunung Salak hingga pukul 20.00 WIB tidak teramati adanya jatuhan/hujan abu vulkanik dan tidak terdengar suara dentuman baik di wilayah puncak Gunung Salak maupun di sekitar lerengnya seperti di wilayah Taman Nasional Cidahu,” kata PVMBG, magma.vsi.esdm.go.id, Rabu (10/10/2018).

Darwin Volcanic Ash Advisory Centre (VAAC) telah mengkoreksi pernyataan sebelumnya terkait informasi bahwa Gunung Salak yang berada di perbatasan Kabupaten Bogor-Kabupaten Sukabumi telah mengalami erupsi, Rabu (10/10/2018).

Dalam pernyataannya itu, Darwin VAAC mengkoreksi hal itu bahwa tidak ada sebaran abu vulkanik dari daerah di sekitar Gunung Salak. Penerbangan aman. Hal tersebut juga diperkuat oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Berdasarkan pantauan visual, instrumentasi dan observasi lapangan, menunjukkan tidak ada aktivitas vulkanik yang menunjukkan adanya letusan Gunung Salak.

“Asap nihil. Pemantauan visual pada sore hari hingga saat ini Gunung Salak umumnya tertutup kabut dan cuaca hujan,” jelas PVMBG.

Kendati demikian, terekam 23 kali gempa tornillo dengan amplitudo 5-10 mm dan lama gempa 4,5- 25 detik. Selain itu, sembilan kali gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 4-7 mm dan lama gempa 4-10 detik.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, tidak ada peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Salak.

Sutopo menjelaskan, hasil observasi lapangan yang dilakukan secara langsung, tidak teramati adanya jatuhan atau hujan abu vulkanik. Selain itu, tidak terdengar suara dentuman baik di wilayah puncak Gunung Salak maupun di sekitar lerengnya, seperti di wilayah Taman Nasional Cidahu.

“Status Gunung Salak masih normal (level I). Tidak ada letusan dari Gunung Salak. Gunung Salak aman,” kata Sutopo, dalam rilisnya, Rabu malam.

Sutopo pun mengimbau agar masyarakat tetap tenang. Pihaknya menjamin akan memberikan informasi kepada seluruh pihak jika ada peningkatan status gunung api. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon