News

Kartu Identitas Anak Diwajibkan Tahun 2019 Ini, Ini Prosedurnya

PIAH.COM – Pada awal tahun 2019 ini, sejumlah daerah di wilayah Indonesia telah mewajibkan Kartu Identitas Anak atau disingkat menjadi KIA, ini merupakan sebagai syarat untuk mendaftarkan anak masuk ke sekolah di tahun ajaran 2019.

Selain sebagai bentuk persyarakat masuk sekolah KIA nantinya akan juga diperlukan untuk melakukan pengurusan administrasi anak lainnya.

Seperti berobat, membuka rekening bank, pembuatan pasport dan nanti jika mengurus E-KTP setelah sudah berusah 17 tahun.

Program pemerintah ini sebenarnya sudah dirancang oleh pemerintah sejak tahun 2016 silam, dan sudah diatur dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor dua tahun 2016.

Dan disatu sisi KIA ini sebagai hal untuk melindungi anak, seperti mengantisipasi anak tersesat, dan bisa lebih mudah diketahui identitasnya. Lalu untuk layanan publik nantinya tidaklah perlu membawa berkas – berkas seperti akte ataupun KK, dengan adanya KIA nantinya hanya cukup membawa kartunya saja.

Untuk hal ini nantinya akan diwajibkan dan diberikan sosialiasi yang lebih, dikarenakan sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi pada tahun 2016 silam.

Lalu untuk prosedur pembuatannya, yang perlu disiapkan adalah :


1. Fotocopy akta kelahiran

2. Kartu keluarga asli orang tua / wali anak

3. KTP asli orang tua / wali anak

4. Pas foto berwarna ukuran 2×3

KIA ini untuk khusus umur 0-17 tahun, dengan perbedaan pada kartu ada nama dari kepala keluarganya. Merupakan program dari Presiden RI, dan pada tahun 2019 sudah diwajibkan, maka dari itu masyarakat dihimbau untuk segera mengurusnya, ( fik/piah ).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon