Sains

Kenapa Badan Terasa Sakit Saat Flu Menyerang? Begini Penjelasannya!

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Ketika menderita influenza, badan akan terasa tidak enak. Mulai dengan terasa demam, meriang, hidung tersumbat, batuk dan badan terasa sakit serta pegal.

Perlu diingat kembali jika flu berbeda dengan pilek karena biasanya pilek tidak disertai dengan demam. Flu disebabkan oleh virus influenza yang menyebabkan infeksi di saluran pernapasan, atau hidung, tenggorokan, atau paru-paru.

Virus ini bisa masuk melalui pernapasan, ditularkan dari orang lain, atau melalui lendir yang masuk ke mulut, hidung, atau mata.

Setelah masuk ke dalam tubuh, virus influenza masuk ke saluran pernapasan dan kemudian terikat dengan sel epitel yang melapisi saluran paru-paru melalui molekul spesifik pada permukaan sel.

Virus kemudian mengganggu proses penciptaan protein pada sel dan memanfaatkan proses tersebut untuk memperbanyak virus flu di dalam tubuh. Setelah partikel virus menjadi dewasa, maka virus dilepaskan dari sel dan kemudian menyerang sel di dekatnya.

Lalu, mengapa flu bisa menyebabkan sakit kepala? Berikut jawaban yang dipaparkan oleh Laura Haynes, dosen imunologi di University of Connecticut, yang ia tulis di The Conversation.

Untuk melawan infeksi karena influenza, sitokin dan kemokin yang diproduksi oleh sel imun di paru masuk ke aliran darah. Interleukin-1, salah satu jenis sitokin yang dapat menyebabkan peradangan, akan diaktifkan.

Interleukin-1 penting untuk pembentukan sel T yang melawan virus. Hanya saja, Interleukin-1 ini juga dapat memengaruhi hipotalamus, bagian otak yang mengatur suhu tubuh, sehingga menyebabkan demam dan sakit kepala.

Jenis sitokin lain yang disebut faktor nekrosis tumor alfa juga membantu untuk melawan virus di paru-paru. Hanya saja, selain melawan virus, sitokin ini juga dapat menyebabkan demam, kehilangan nafsu makan, pusing, dan terasa lemas.

Telah diketahui bahwa nyeri dan pelemahan otot adalah gejalan infeksi influenza yang paling menonjol, dan hal ini pula yang seakan membuat tubuh kurang fit. Influenza juga mengurangi kekuatan di kaki dan saat berjalan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon