Berita Hoax

KPU Sebut Situs Pemilu 2019 Dibobol Anak Kelas II MTS itu Hoax, Benar atau Tidak?

Foto : Piah.com

PIAH.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melalui akun Twitter resmi-nya (@KPU_ID) membantah berita anak kelas II MTS membobol situs kpu.go.id. Postingan ini justru justru membuat KPU kian disudutkan netizen.

Dalam postingannya tersebut, KPU menegaskan bahwa itu adalah berita hoax dengan mengatakan bahwa itu adalah kejadian tahun 2017 dengan membobol situs ppid.kpu.go.id, bukan situs web Pemilu 2019.

Bantahan KPU itu langsung mendapat komentar miring dari para pengguna twitter. Berikut postingannya :

Namun, diketahui publikasi dari Mafindo melalui situs turnbackhoax.id yang menyebutkan bahwa siswa kelas II MTS bernama Putra Aji Adhari itu bukan membobol situs KPU, melainkan mencoba memberitahukan temuannya tentang bug atau celah yang berbahaya pada situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id pada 19 Januari 2019 dan temuan tersebut sudah ia laporkan ke BSSN.

“Melalui akun instagramnya, Putra Aji Adhari menyatakan bahwa dia tidak melakukan “Penetrasi Testing” pada situs pemilu2019.kpu.go.id dan tidak melakukan peretasan terhadap situs ppid.kpu.go.id pada tahun 2017,” tulis laporan tersebut.

Jadi kesimpulannya, situs Pemilu 2019 bukan berhasil di-hack, atau dibobol atau diretas oleh Putra Aji Adhari. Putra Aji Adhari hanya mencari celah atau bug pada situ KPU. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top