Edukasi

Kuat Puasa? Menu Andalan Agar Tubuh Tetap Strong Menghadapi Puasa!

PIAH.COM – Saat puasa, tubuh akan lebih mudah lelah karena berkurangnya asupan makanan. Ini artinya sel tubuh juga kekurangan makanan untuk pembentukan energi sehingga badan menjadi mudah lelah dan lemas.

Menyantap makanan lengkap yang tinggi serat, seperti karbohidrat kompleks, protein, lemak baik, juga buah-buahan dan sayuran, bisa menambah energy kita agar tetap kuat menjalani hari-hari untuk puasa.

Lalu apa saja makanan yang bisa menjadi menu andalan agar tubuh tetap strong menghadapi puasa selama Ramadan?

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat tinggi seperti nasi merah, gandum, sereal, singkong, dan ubi bisa menjadi menu sahur Anda. Ini akan berdampak pada kebugaran tubuh dan membuat tubuh tidak lemas.

Anda juga bisa mencoba untuk mengonsumsi yogurt, karena yogurt mengandung protein, magnesium dan laktosa yang dapat meningkatkan energy. Tak hanya itu,Oatmeal yang mengandung karbohidrat dan serat cukup tinggi juga akan membuat kenyang lebih lama.

Selain yogurt dan oatmeal, makanan lain yakni sayur bayam mampu meningkatkan efisiensi mitokondria yang bertugas menghasilkan energy dalam tubuh.

Untuk lauknya, Anda bisa memasak udang. Udang bagus untuk menu sahur, karena kandungan vitamin B12 yang terdapat pada udang bisa membantu proses metabolisme tubuh dan adanya asam lemak omega 3 berperan sebagai antioksidan sekaligus meningkatkan energi. Jadi Anda bisa tetap strong beraktivitas saat seharian puasa. (evo/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top