MITOS

Magnet Bisa Merusak Data Laptop? Ini 4 Mitos Teknologi yang Harus Diketahui

Ilustrasi. Foto: Istimewa

PIAH.COM – Hati-hati pakai smartphone terlalu lama karena dapat menyebabkan kanker otak! Apakah Anda sering mendengar klaim ini?

Teknologi berkembang begitu cepat, mulai dari bentuk smartphone yang selalu berubah setiap tahunnya hingga munculnya sistem operasi versi terbaru setiap beberapa bulan sekali.

Namun di tengah perkembangan tersebut, ada juga mitos-mitos teknologi yang menyebar dengan cepat. Ini dia beberapa mitos teknologi yang sering Anda dengar (atau lakukan) tapi pada kenyatannya tidak akurat.

1. Smartphone menyebabkan kanker
Isu tentang radiasi sinyal smartphone sebagai salah satu penyebab kanker sudah lama berembus. Namun, hasil studi National Cancer Institute tahun 2011 mengatakan tidak ada pengaruh dari energi frekuensi smartphone sebagai penyebab kanker.

Penelitian ini menyatakan bahwa tidak semua orang yang menelepon menggunakan smartphone akan terkena kanker otak karena sel-sel kanker juga turut dipengaruhi oleh gaya hidup dan asupan makanan.

2. Anda hanya boleh mengisi daya saat baterai ponsel benar-benar habis
Mitos ini sangat populer di masyarakat dan mungkin Anda juga salah satu penganut mitos ini. Tetapi, charge smartphone sebelum baterai habis justru sangat baik, karena tidak mengurangi siklus baterai.

Umumnya, baterai memiliki ketahanan hingga 500 siklus sehingga sebisa mungkin jangan mengisi daya setelah baterai benar-benar habis. Hal ini untuk menjaga agar siklus baterai smartphone tak cepat habis dan menjadi boros. Ada baiknya ketika baterai berada antara 30-40%, lakukan isi ulang daya.

3. Mengisi daya ponsel semalam suntuk dapat merusaknya
Mungkin banyak yang percaya mitos bahwa mengisi daya baterai semalam suntuk akan merusak smartphone. Dengan perkembangan teknologi saat ini banyak smartphone canggih yang beredar di pasaran sudah dibekali baterai jenis lithium-ion. Baterai jenis ini secara otomatis dapat menghentikan proses pengisian daya bila baterai sudah terisi penuh.

4. Magnet merusak data laptop
Magnet memang bisa digunakan untuk menghapus data di hard drive PC Anda. Namun, para ahli teknisi menggunakan magnet berkekuatan besar untuk menghapus data tersebut. Kenyataannya banyak orang yang khawatir jika magnet kecil yang biasa ditempelkan di kulkas Anda dapat merusak PC.

Jadi saat magnet kulkas Anda terjatuh ke laptop, jangan buru-buru khawatir karena daya magnet tersebut tidak memiliki dampak yang merusak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top