News

Mahasiswa ITB Berhasil Ciptakan Alat Cek Kesehatan Melalui Urine

Foto : DOK. ITB

PIAH.COM – Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil membuat alat untuk melakukan pengecekan kondisi kesehatan melalui urine dengan konsep tracking kesehatan berdasarkan kekeruhan dan warna dari urine.

Sistem pada perangkat ini terdiri atas smart device dan big data dan dinamakan Re-Lease. Perangkat tes urine ini berhasil menjuarai ajang Engineering Education Festa 2017 Capstone Design Fair International Session (E2FESTA 2017) yang berlangsung di Korea Selatan belum lama ini.

Tim peraih Grand Prize ini beranggotakan Irham Mulkan Rodiana (Teknik Elektro 2013), Freddy Kurniawan (Teknik Mesin 2013), Kinari Nur Aulia Padma Negara (Desain Produk 2013), dan Ninik Kania (Desain Produk 2013) dan juga dua mahasiswa dari Chonbuk National University (CBNU).

Kompetisi ini diadakan di Kimdaejung Convention Center, Gwangju, Korea Selatan, dan diprakarsai oleh Ministry of Trade, Industry and Energy South Korea serta Korea Association of Innovation Centers for Engineering Education.

Menjadi salah satu peserta dari tim utusan Indonesia, tim ITB berhasil mengalahkan sejumlah kompetitor unggul lainnya dari Asia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top