MITOS

Makanan yang Dilarang dan Dibolehkan Saat Terkena Cacar Air

Cacar air ( Foto : Istimewa )

PIAH.COM – Cacar air adalah penyakit yang umum terjadi, gejalanya demam, pusing, sakit tenggorokan, sakit perut, dan yang paling mencolok bercak-bercak merah pada kulit yang gatal dan panas.

Cacar air biasanya biasa diderita oleh anak kecil. Tapi tidak jarang orang dewasa juga menderita cacar.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi tidak akan bisa mencegah orang terserang cacar air. Namun, makanan itu bisa membantu proses penyembuhan dan gejala-gejala penyakit tersebut.

Kamu masih bingung makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh untuk di konsumsi saat terkena cacar air? yuk simak ulasan PIAH.com dari berbagai sumber terpercaya.

 

Makanan yang Dilarang saat Cacar Air

Makanan Asin

Hindari makanan asin karena akan membuat mulut semakin tidak nyaman dan membuat dehidrasi.

Buah Asam

Perbanyak konsumsi buah yang mengandung vitamin C tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun hindari yang rasanya asam karena akan membuat mulut terasa makin perih.

Makanan Berminyak

Jauhi makanan berminyak karena bisa menyebabkan peradangan dan membuat bercak-bercak merah semakin lambat sembuh.

Makanan Pedas

Lupakan makanan pedas karena hanya akan menambah rasa sakit dan panas di mulut penderita.

 

Makanan yang Bikin kamu Gak Gatel saat Sakit Cacar

1. Kacang hijau

Pemulihan cacar air dapat dibantu oleh kacang hijau. Sebab, kacang hijau memiliki kandungan mineral, vitamin B, dan protein. Kandungan tersebut dapat membantu pembentukan sel baru dan membuang sel-sel yang telah rusak dalam tubuh.

2. Yoghurt

Selain untuk membantu program diet, yoghurt juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada penderita cacar. Teksturnya yang lembut sangat dianjurkan bagi kamu yang sedang sakit cacar.

3. Oatmeal

Oat memiliki kandungan serat dan mineral yang sangat baik untuk kekebalan tubuh dalam melawan bakteri. Cobalah makan oat supaya cacarmu segera pergi.

4. Telur

Banyak yang menganggap jika makan telur akan memperparah cacar. Tapi ini hanya mitos, lho. Faktanya, telur dapat menambah daya tahan tubuh. Tetapi untuk kamu yang alergi terhadap protein tinggi, ada baiknya menghindari telur.

5. Alpukat

Kandungan mineral yang banyak dalam buah alpukat dapat mempercepat pemulihan. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan vitamin B6, vitamin C, dan vitamin B1, yang baik untuk kesehatan.

6. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung banyak zat baik, seperti mineral, vitamin, hingga protein. Kandungan ini dapat menaikkan trombosit penderita cacar.

7. Bawang putih

Tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, ternyata bawang putih juga dapat meredakan rasa panas penderita cacar, lho. Gak percaya, cobain deh!

8. Tomat

Selain untuk menyehatkan mata, tomat juga dapat dapat meningkatkan nafsu makan bagi penderita cacar yang sering menurun. Nah, jangan sampai nafsu makanmu terus menurun ya, biar cepat sembuh.

9. Jahe

Sifat antikoksidan yang dimiliki jahe dapat melawan radikal bebas, sehingga tubuh terjaga dari bakteri jahat. Jahe juga memiliki kandungan antimikroba yang berfungsi untuk melawan infeksi.

10. Jamur

Jamur adalah salah satu makanan yang bisa memperbanyak sel darah putih. Sel darah putih sendiri, memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit.

Nah, selain makanan, olah raga dan kebersihan juga kunci utama agar tubuh terjaga dari virus dan bakteri. Jadi, jaga baik-baik kesehatan tubuh ya! (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top