MITOS

Mandi Air Hangat Bisa Bantu Turunkan Gula Darah? Ini Faktanya

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Mungkin bagi kamu yang memiliki kondisi diabetes, berolahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga gula darah tidak terlalu tinggi, bukan?

Ada nggak sih cara efektif yang lain selain olahraga? Ada kok, jika kamu kebetulan tidak bisa olahraga, coba kendalikan gula darah dengan berendam air panas.

Peneliti Sven Hoekstra dari Loughborough University mengatakan berendam selama satu jam di air bersuhu 38 derajat celcius dapat menurunkan gula darah dan menekan inflamasi. Hal ini diketahui setelah peneliti melakukan eksperimen pada 10 pria obesitas.

Dalam studi Sven juga menemukan bahwa tubuh melepas zat nitrid oksida saat berendam air panas. Zat tersebut akan membuat pembuluh darah melebar sehingga tekanan darah juga berkurang.

“Berendam air panas bisa berdampak memperbaiki kesehatan metabolisme populasi yang kesulitan memenuhi rekomendasi aktivitas fisik,” tulis Sven, Selasa (20/11/2018).

Beberapa orang dengan kondisi fisik punya cedera, asma, atau gegar otak mungkin kesulitan untuk olahraga. Nah mandi air panas bisa jadi terapi pengganti untuk membantu mereka mengendalikan gula darah. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top