News

Maraknya Boardcast Aksi Begal Sadis! Ini Tanggapan Polisi

PIAH.COM – Aksi begal sadis yang marak dalam beberapa waktu terakhir ini dimanfaatkan oleh sejumlah pihak yang tak bertanggung jawab untuk menyebarkan pesan bohong atau hoax.

Pesan tersebut disebarkan dalam bentuk pesan berantai (boardcast) melalui media sosial ataupun mengirim video dan foto-foto korban.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Argo Yuwono menegaskan, tak sedikit video viral begal dan geng motor yang tersebar di media sosial merupakan video lama yang kemudian disebar ulang sehingga justru hal itu menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Ada video yang viral setelah kami selidik ternyata kejadiannya di Makassar,” ungkap Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu 15 Mei 2019.

Hal tersebut menyusul viralnya foto tangan seorang pemuda putus akibat dibegal. Namun saat diselidiki ternyata kejadian tersebut terjadi pada tanggal 22 Februari 2019 lalu.

“Ada foto tangan yang putus. Itu kejadian tanggal 22 februari 2019 itu pelakunya sudah kita tangkap,” beber Argo.

Tak hanya itu, Argo menuturkan, ada juga Broadcast di Jakarta Utara di mana dalam Broadcast itu banyaknya begal di kawasan Jakut pada saat malam hari.

“Itu semuanya tidak benar. Itu kasus- kasus yang lama kemudian digabungkan dan diviralkan,” sesalnya.

Karena itu, ia mengimbau supaya tidak memercayai pesan berantai tersebut. Intinya, lanjutnya, adalah meningkatkan kewaspadaan, tetapi tidak perlu sampai waswas karena merasa daerahnya tidak aman.

“Jakarta tetap aman,” tegas Argo. (evo/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top