News

Melawan Terorisme Pasukan Elite TNI Bersiap Perang Kota

PIAH.COM – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memerintahkan pasukan elite khusus TNI untuk berlatih dan mengembangkan konsep perang kota, guna melawan aksiterorisme.

“Mereka (pasukan elite) sudah memiliki kemampuan perang kota. Saya minta kembangkan konsep perang kota yang selama ini mereka latihkan,” kata Panglima TNI di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Ia mengatakan, perintah itu telah disampaikannya saat mengunjungi Markas Kostrad di Mako Divisi Infanteri 1 Kostrad Cilodong, Senin (14/1/2019) kemarin.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) ini menjelaskan, selama ini TNI sudah berlatih perang di pedalaman yang jelas musuhnya. Sementara perang di kota seperti melawan terorisme masih dalam proses pengembangan.

“Dalam melaksanakan perang kota, yang dihadapi ada masyarakat dan terorisme itu sendiri, sehingga saya sampaikan agar mengembangkan konsep perang kota. Taktik perang kota yang jelas karakteristik dan berbeda perlengkapannya. Yang jelas kami harus gunakan teknologi nano,” jelas Panglima Hadi.

Lebih lanjut Hadi mengatakan, pemanfaatan teknologi dalam perang kota berbeda dengan perang di hutan.

“Bisa menggunakan konsep membuat frekuensi suara tinggi, kemudian peralatan-peralatan yang menggunakan sinar infra merah, sensor panas dan koordinat, itu kami kembangkan,” tambahnya. (evo/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top