MITOS

Mendengarkan Lagu Galau Bisa Redakan Kesedihan? Ini Penjelasannya

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Ketika kita sedang merasa sedih atau patah hati, banyak orang yang memilih untuk mendengarkan lagu galau. Beberapa orang merasa kalau mendengarkan lagu galau bisa membuat hatinya terasa lega.

Tapi benarkah kalau mendengar lagu galau bisa meredakan kesedihan?

Dalam penelitiannya pada tahun 2014, pakar musik Kay Norton, mengungkapkan bahwa musik dengan lirik mendayu-dayu menjadi favorit untuk didengarkan ketika putus cinta karena bisa menggambarkan kesedihan yang di rasakan.

Menurut Norton, mendengarkan lagu galau bukan cuma membuat kita larut dalam kesedihan, tapi juga bisa menyingkirkan rasa sedih. Lewat lirik lagu sedih tersebut, kita bisa melepaskan emosi.

“Musik memiliki bentuk dan aliran yang sama seperti emosi manusia. Jenis musik seperti ini bisa mendorong seseorang yang sedang berduka untuk menangis atau mengekspresikan emosi dengan cara yang tepat untuknya,” ujar Norton.

Setelah mendengarkan lagu galau, seorang akan merasa lega. Rasa suka cita juga akan timbul saat merasa terhubung dengan lirik lagu tersebut dan bisa membuat kita bebas untuk berimajinasi.

Namun, pakar lainnya menyarankan untuk tidak terlalu lama mendengarkannya. Meskipun mendengarkan lagu sedih bisa membuat perasaan lebih nyaman, sebaiknya jangan terlalu lama mendengarkannya.

Ketika kita sudah merasa lebih baik, disarankan untuk segera mendengarkan lagu-lagu yang lebih ceria.

Pakar hubungan, Susan Winter mengatakan bahwa mendengarkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Adele bisa membantu orang yang sedih menjadi bangkit kembali.

“Dengan mendengarkan lagu-lagu yang positif dan gembira, kebahagiaan pun akan meningkat,” kata Susan. (yan/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top