Informasi Publik

Mengenal Apa itu Design UI/UX dan Perbedaannya

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Beberapa orang awam bahkan yang sudah lama bergelut dibidang desain mungkin belum mengetahui apa itu User Interface (UI) dan User Experience (UX), yang biasanya kita lihat adalah UI/UX.

Banyak yang beranggapan bahwa UI dan UX itu sama, pada faktanya UX dan UI itu berbeda, namun satu sama lain saling berhubungan. Lalu apa itu UI dan UX? Yuk simak.

HCI (Human Computer Interaction) Concept

Sebelum kita membahas apa itu UI/UX, pertama-tama kita harus tahu konsep atau algoritma dari Human Computer Interaction atau HCI dulu. Karena HCI adalah hal yang sangat berhubungan sekali dengan UI & UX Design

Apa yang kita lakukan dengan device, komputer, atau laptop selama ini, merupakan bagian dari HCI. Dimana saat kalian menggeser mouse, menekan keyboard, menggeser layar smartphone, gesture, dan anda bisa mendapatkan control penuh terhadap device tersebut. Nah itu yang dinamakan interaksi.

Belajar UI/UX Design kita juga harus tahu interaksi 2 hal tersebut. USER & DEVICE. Kita harus mendesain bagaimana apps, web, dan platform yg lain bisa lebih mudah digunakan oleh user/manusia dari interface yang disuguhkan.

Apa Perbedaan UI & UX Design?

UI adalah konsep menata bagaimana produk kita nantinya. Lebih jelasnya, UI itu membuat bagaimana tataan produk kita, yang tak lain adalah interface (tampilan), tata letak, coloring (pewarnaan), dan lain sebagainya.

Nah untuk UX sendiri adalah tentang bagaimana perasaan produk. Yang maksudnya ialah setelah kita melewati proses UI (Pembuatan tampilan, pewarnaan, dll) kita harus menguji bagaimana produk buatan kita tersebut. Apabila ada penataan yang salah atau warna yang tertiban, proses UX ini lah yang akan mendatanya.

Mengenal Lebih Dalam UI & UX

UI DESIGN

Bahasa gampangnya, UI Design adalah bagaimana suatu product yang kamu buat terlihat seperti apa. Apa yg bisa dilihat oleh mata (visible) ya itu UI Design.

Gambar diatas memperlihatkan ranah utama dari user interface yang terdiri dari interface design, grafis, icon, dan visual design. User interface designer akan mampu memproduksi 4 hal diatas dengan sangat baik. Tujuan utama dari UI adalah menampilkan interface yang memiliki keseragaman yang baik dari segi warna, font, gambar dll.

Untuk UI designer mereka lebih fokus pada visualisasi, coloring, dan hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas dari interface yang akan digunakan oleh user. Visualisasi adalah kunci dari UI design dan fokus pada bagaimana tampilan interface yang akan dipakai user bisa menjadi menarik. Penataan bentuk yang kita lihat pada user interface adalah karya seorang UI designer.

UX DESIGN

Lalu bahasa gampangnya UX Design adalah proses untuk membuat product yang telah kita buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh user.

User experience memiliki ranah yang lebih luas dari UI, karena ranah UX ini dimulai dengan research pasar sampai kemudian diimplementasi kedalam sebuah interface.

Mereka harus fokus terhadap perancangan, menjembatani bagaimana tampilan nanti mampu bekerjasama dengan sistem

UX designer harus mengeksplorasi lebih dalam bagaimana memecahkan masalah spesifik seorang pengguna. Tanggung jawab seorang UX designer adalah memastikan bahwa setiap langkah demi langkah berjalan dengan logis dan jelas. Salah satu hal yang harus dipahami UX designer ialah harus memahami betul bagaimana kebiasaan dan kebutuhan dari user.

Saya sendiri jika mendesign sebuah UX saya benar-benar memikirkannya dengan matang dengan bantuan UX Cheklist. Ada sekiranya 23 step yang harus dipersiapkan. Berikut link UX Cheklist : https://uxchecklist.github.io/

Begitu saja penjelasan apa sih perbedaannya UI & UX. Jadi kesimpulannya UI & UX itu adalah hal yang berbeda tapi saling terkait. Dan tugas dari UI/UX Designer sendiri bukan berarti dia cuma bisa membuat design suatu aplikasi atau website yang keren, ciamik dan bagus. Tapi bagaimana dia memecahkan suatu masalah, membuat aplikasi tersebut terlihat simple, dan mudah untuk digunakan. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top