Edukasi

Menghilangkan Tinta Hasil Pemilihan Umum

PIAH.COM – Indonesia baru saja menggelar pesta demokrasi dalam memilih pemimpin negara dan wakil rakyatnya. Selayaknya diketahui setelah mencoblos masyarakat diminta untuk memasukkan jari kelingking ke dalam gelas tinta untuk menandakan sudah mengikuti proses pemilihan suara.

Sudah sehari berlalu, bekas tinta berwarna ungu di jari kelingking belum juga pudar meski telah dibersihkan menggunakan sabun biasa.

Beberapa orang menilai bekas warna tinta yang belum pudar dapat menganggu penampilannya.

Tim Vertanews sudah menyiapkan cara untuk menghilangkan bekas tinta ungu tersebut, dikutip dari berbagai sumber ada empat cara ampuh yang patut dicoba, diantaranya adalah:

1. Pasta Gigi

Pasta gigi mengandung baking soda yang mampu mengeluarkan bekas tinta dari permukaan kulit. Caranya, gosok bagian jari yang masih bertinta dengan kain yang sudah diberi pasta gigi dan bilas dengan air bersuhu normal.

2. Alkohol

Menghilangkan tinta di kulit biasanya akan lebih mudah dengan menggunakan alkohol. Diketahui alkohol ini juga meluruhkan minyak bersama tinta, jadi pastikan untuk menggunakan pelembab kulit setelah menghapus tinta pada jari.

Caranya, tuang alkohol pada kapas dan gosokkan pada jari yang bertinta. Setelah itu, bilas dengan air bersuhu normal.

3. Hairspray

Kalau takut menggunakan alkohol, hairspray juga bisa menjadi pilihanmu. Hairspray memiliki kandungan alkohol tapi mungkin tidak terlalu banyak. Caranya, semprotkan hairspray ke jari yang masih bertinta berulang kali dan bersihkan dengan handuk bersih serta bilas dengan air.

4. Hand Sanitizer

Kandungan alkohol di cairan pembersih tangan akan mampu hilangkan noda tinta. Sebelumnya, cuci tangan terlebih dahulu dan tuangkan cairan hand sanitizer pada jari. Lakukan secara berkala dan seka dengan handuk atau kain yang bersih. (evo/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top