Sains

Menurut Peneliti, Ini Batas Akhir Umur Manusia

Ilustrasi. Foto: Istimewa

PIAH.COM – Guiness World Records menobatkan Jeanne Louise Calment sebagai manusia dengan umur terpanjang di dunia, yaitu 122 tahun 164 hari. Perempuan asal Perancis tersebut dilahirkan pada tahun 1875 dan meninggal pada tahun 1997.

Lantas, adakah kemungkinan umur manusia bisa lebih panjang dari itu? Penelitian terbaru menemukan jawaban yang mengejutkan terkait sampai berapa lama seorang manusia bisa hidup.

Sepanjang apa umur manusia?

Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2016 oleh Albert Einstein College of Medicine menyebutkan bahwa umur manusia tidak mungkin melebihi 155 tahun. Bahkan penelitian ini juga menyebutkan bahwa usia 125 mungkin menjadi batas akhir dari umur manusia. Namun, penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari McGill University menemukan kesimpulan lain.

Lebih dari 3.800 orang Italia yang lahir sekitar tahun 1896 dan 1910 dilibatkan untuk diperiksa datanya. Ini artinya orang-orang yang dilibatkan dalam penelitian adalah mereka yang supercentenarian (hidup sampai usia 110 tahun) atau setidaknya, semi-supercentenarian (hidup sampai usia 105 tahun).

Para peneliti tidak menemukan batas akhir umur manusia

Hasil penelitian paling baru menemukan bahwa kemungkinan seseorang meninggal pada usia 68 sekitar 2 persen, pada usia 76 sekitar 4 persen, dan pada usia 97 mendekati 30 persen. Yang mengejutkan, para peneliti juga menemukan bahwa risiko kematian meningkat sebesar 60 persen ketika seseorang mencapai usia 105 tahun dan presentasenya cenderung stabil setelah usia tersebut tidak lantas jadi lebih besar.

Dari hasil itulah kemudian para peneliti menarik kesimpulan bahwa tidak ada batas akhir umur manusia yang dapat diprediksi secara akurat. Para peneliti tidak hanya melihat angka kematian yang memburuk seiring bertambahnya usia, tetapi mereka juga melihat bahwa angka kematian mungkin saja dapat membaik seiring waktu.

Berbagai cara sederhana yang dapat dilakukan agar panjang umur

Terlepas dari hasil penelitian terbaru tersebut, sebenarnya anda beberapa hal sederhana yang dapat anda lakukan agar dapat hidup lebih lama dan berkualitas. Anda bisa berusaha dengan menerapkan gaya hidup sehat lewat berbagai cara alami berikut ini dikutip dari laman hellosehat:

1. Cukupi kebutuhan tidur

Tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi stres sehingga akan membuat anda lebih berstamina dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Tak hanya itu saja, tidur yang cukup juga membantu anda agar panjang umur dengan menjauhkan tubuh dari berbagai risiko penyakit kronis di kemudian hari.

2. Rajin olahraga

Semua orang tahu bahwa olahraga memberikan segudang manfaat kesehatan untuk tubuh. Rutin olahraga dapat menyehatkan jantung dan paru, meredakan stres, menjauhkan diri dari risiko gangguan mental, hingga menjaga daya tahan tubuh anda secara keseluruhan.

Tak perlu olahraga intensitas tinggi, mulailah dari hal ringan yang anda sukai seperti jalan kaki. Kuncinya, anda harus aktif bergerak setiap hari.

3. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi

Memerhatikan asupan makanan yang anda konsumsi sehari-hari memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan anda secara kesuluruhan.

Pada akhirnya, hal ini juga ikut membantu agar anda panjang umur. Makanlah makanan yang bergizi seimbang untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

4. Menghabiskan waktu bersama orang tercinta

Bercengkerama dengan orang-orang yang anda cintai dapat mencegah kesepian, depresi, dan gangguan mental lainnya. Selain menjadikan anda lebih bahagia, hal ini juga dapat membuat panjang umur. Maka, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu bersama sahabat atau keluarga agar anda panjang umur.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top