Tips & Trik

Meski Tidak Sahur, Kamu Bisa Tetap Kuat Puasa dengan 5 Tips Ini

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Sahur memang aktivitas yang sangat diperlukan di Bulan Ramadan ini. Karena asupan makanan saat sahur berfungsi sebagai bekal energimu seharian. Lalu bagaimana kalau terlewat sahur? Bagaimana cara kita agar tetap kuat puasa meskipun gak sahur? Coba catat tips berikut!

1. Tekadkan niat

Niat merupakan langkah awal setiap kamu akan melakukan sesuatu. Jika kamu memang sudah niat dengan kuat untuk berpuasa, kamu pasti bisa menjalani puasa dengan lancar meskipun gak sahur.

2. Cari kesibukan

Menyibukkan diri juga bisa menjadi cara agar kamu lupa dengan rasa lapar. Daripada kamu bengong sambil nungguin waktu berjalan, lebih baik cari kegiatan positif seperti membersihkan rumah, membaca buku, berolahraga atau memasak.

3. Perbanyak ibadah

Ibadah di bulan puasa tentu akan berlipat pahalanya. Daripada bingung kamu harus melakukan apa, lebih baik kamu mengaji, bersedekah, melakukan kebaikan dengan menolong orang lain atau lakukan ibadah yang kamu sukai. Ya, tidur di bulan puasa kan juga termasuk ibadah.

4. Jangan lakukan pekerjaan berat

Cara agar kamu tetap kuat berpuasa saat lupa sahur adalah sebisa mungkin hindarilah pekerjaan berat. Namun, jika memang tidak bisa menunda pekerjaan itu cobalah lakukan semampumu. Jika dirasa sudah tidak kuat, beristirahatlah.

5. Ingat manfaat yang akan kamu dapatkan dari puasa

Manfaat puasa bisa dirasakan jika kita mampu menjalaninya sebulan penuh. Cobalah jadikan hal tersebut sebagai motivasi dan saat kamu mengingatnya kamu akan lebih ikhlas dalam menjalankan puasa. Jangan sampai berpikiran untuk membatalkan puasa hanya karena gak sahur ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top