News

Miris ! Tahanan Dari Curanmor Memakan Kotorannya Sendiri

PIAH.COM – Tahanan dari kasus pencurian motor di Rutan Negara, Jembrana, Putu Suastika ( 23 ) bikin geger lantaran ia ketahuan memakan kotorannya sendiri, ia diketahui kerap berhalusinasi.

“Kami tidak melihat langsung, tapi kami sudah memanggil teman sekamarnya dan ketahuan ketika dia buka mulut,” kata Kepala Rutan Negara Purniawal ketika dimintai konfirmasi, Rabu 19/06/2019.

Purniawal mengatakan Putu memang dikenal sering menyendiri selama tinggal 3 bulan di rutan. Dia juga kerap berhalusinasi seperti melihat binatang atau seorang wanita.

“Menurut pengamatan kami yang bersangkutan seperti mengalami gangguan jiwa, murung, komunikasinya tidak baik dan bicara sendiri. Mengalami halusinasi visual sering melihat binatang seperti monyet dan seorang wanita, makan di lantai tanpa alas dan pernah membalurkan, maaf, kotorannya di tubuh dan memakannya. Menurut dia atas perintah yang dia lihat di halusinasinya,” jelas Purniawal.

Purniawal mengatakan saat ini Putu ditempatkan di kamar khusus dengan pengawasan petugas medis di rutan. Putu juga pernah diperiksa kesehatan jiwanya di RSJ Bangli namun dinyatakan tetap bisa menjalani perbuatan pidananya.

“Berdasarkan riwayat medis dari dokter SKJ RSJ Bangli yang bersangkutan megnalami gangguan kepribadian campuran dan sempat dinyatakan oleh dokter jiwa mampu mempertanggung jawabkan perbuatannya sehingga proses hukumnya dilanjutkan,” terangnya.

Dia berharap kondisi Putu segera membaik sehingga bisa menjalani proses hukum kasus curanmor yang membelitnya.

“Ya kita tempatkan di blok perawatan dengan pengawasan petugas medis rutan dan penjaga. Mudah-mudahan saja yang bersangkutan segera pulih norml seperti narpidana yang lainnya. Sudah tiga bulan lebih, masuk tanggal 19 Februari 2019. Sekarang secara yuridis tahanan hakim,” ucap Purniawal.

Sungguh miris, tentu ia harus di berikan perhatian khusus, selain menjadi tahanan, juga menjadi pasien dari sebuah Rumah Sakit Jiwa, ( fik/piah ).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top