News

MUI dan Kominfo akan Segera Bahas Fatwa Haram Game PUBG

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membeberkan akan segera membahas fatwa haram dan permintaan pemblokiran game Player Unkown’s Battle Playground (PUBG) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kabar tersebut dibenarkan oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.

Samuel mengungkapkan, MUI telah mengundang Kominfo untuk ambil ikut dan dimintai pendapat terkait permasalahan dari video game besutan pengembang Tencent tersebut.

“Besok sore, Selasa (26/3), akan kita bahas bersama. Sebelumnya juga sudah komunikasi. Ini kan ada kaitannya dengan fatwa haram dari MUI Jawa Barat. Saya sudah komunikasi dengan Pak Niam (Sekretaris Komisi Fatwa MUI), makanya besok saya diundang ke sana untuk memberikan pendapat,” ujarnya, Senin (25/3), di Jakarta.

Semuel mengatakan pihaknya siap memblokir game Player Unkown’s Battle Playground (PUBG) apabila memang dinilai memiliki dampak negatif terhadap pemainnya.

“Kalau di negara lain dianggap mudharat, ya boleh-boleh saja. Tetapi kan harus ada kajian yang memadai, makanya kami menunggu. Kami kan bukan ahli di kontennya. Kami ahli untuk menutup dan membuka (platform),” kata Semuel.

Sebelumnya, MUI dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk memberikan fatwa haram kepada game PUBG pasca insiden aksi teror di masjid Christchurch, Selandia Baru. Disebut-sebut aksi sang pelaku terorisme tersebut terinspirasi dari game tersebut. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top