Berita Hoax

Panwaslu KL Relawan Prabowo-Sandi Sampai Jokowi Bangun Infrastruktur Pakai Dana Haji, Berikut Top Hoaks Minggu Ini

Foto : Piah.com

PIAH.COM – Sepekan ini pada periode 8 April 2019 sampai 14 April 2019, tercatat ada puluhan berita bohong alias hoaks yang beredar di sosial media. Berikut telah tim Piah.com rangkum, beberapa hoaks yang paling banyak dibicarakan warganet di Indonesia.

1. Jokowi Meresmikan Patung Yesus di Toraja

Akun Facebook atasnama Hasanudiin Al Ayyubbi, ia mengunggah foto Jokowi saat berkunjung ke Toraja, Sulawesi Selatan, dan menambahkan narasi sebagai berikut :

“Berita Peresmian Patung Yesus Memberkati oleh Jokowi pada 23 Desember ini sengaja disembunyikan oleh media utk menjaga elektabilitas.”

Faktanya tidak ada peresmian patung Yesus karena bangunan utama dan fasilitas pendukung belum 100 persen selesai.

Sedangkan foto Jokowi yang diunggah tersebut, adalah foto kunjungannya ke Toraja pada Minggu (23/12/18).

2. Pemerintah Jokowi Tawarkan Kota Bogor Untuk Dibeli China

Media mainstream bernama KompasInfo yang beralamat atau berdomain k0mpasinf0.blogspot.com menerbitkan konten tulisan berjudul ‘Pemerintah Jokowi Tawarkan Kota Bogor Kepada Cina, Luhut: Rakyat Diam, Jangan Ikut Campur!’ pada hari Rabu 27 Maret 2019.

Disebutkan pada artikel hoaks tersebut, Indonesia akan menawarkan 28 proyek senilai USD 91,1 miliar atau setara Rp 1.295,8 triliun kepada pemerintah Tiongkok saat Konferensi Tingkat Tinggi kedua The Belt and Road Initiative atau Jalur Sutra pada April mendatang.

Faktanya informasi dari blog tersebut adalah hoax, Isi artikel yang menjadi bahan hoax berasal dari berita koran Radar Bogor yang berjudul “Kecamatan Jonggol ‘Dijual’ ke China, Ade Yasin: Justru Saya Belum Tahu”.

Namun, judulnya diubah menjadi “Jokowi Tawarkan Kota Bogor Kepada China, Luhut: Rakyat Diam, Jangan Ikut Campur!” serta ditambahkan foto Luhut Pandjaitan.

 

3. Pemerintah Jokowi Membangun Infrastruktur Pakai Dana Haji

Kabar Dana Haji yang kini viral menjadi kabar hoax dengan menampilkan gambar jokowi dengan narasi yang di sangkahkan terkait ibadah haji foto berita tersebut kini menyebar di media sosial yang saat ini menjadi pembincangan netizen.

salah satu pengguna media sosial yang melakukan postingan di media sossial pribadi miliknya ialah Bagaz Borienk SilverQueen Caramell denagn membagikan di  di grup DJ JIMMY AND DJ AYCHA ON THE MIX THE WAREHOUSE SURABAYA.

“Tercyduk! Lebih Dari 36 TRILIUN Dana Haji Sudah Dipakai Pemerintah Berdasarkan laporan Menteri Keuangan, sampai dengan tahun 2016 jumlah dana haji yang dipinjam oleh pemerintah mencapai Rp. 35,65 triliun. Dana tersebut digunakan oleh Jokowi untuk membiayai pembangunan infrastruktur.” Narasi yang tertulis.

Kepala Badan Pelaksana Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu menegaskan, tidak ada penyaluran pengelolaan dana haji untuk infrastruktur. Hal tersebut untuk menampik anggapan bahwa pemerintah menggunakan dana haji untuk infrastruktur.

“Tidak benar, tidak ada satu Rupiah pun dana kelola haji digunakan untuk infrastruktur,” ujar Anggito di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (24/1).

 

4. [HOAX] Prabowo Menang Telak di Pencoblosan Malaysia, Tapi Kotak Surat Suara Terbakar

Baru-baru ini tengah beredar kabar yang mengatakan pencoblosan Capres-Cawapres 2019-2024 di Malaysia sudah dilakukan. Dalam informasi tersebut juga mengatakan bahwa Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto menang telak, namun kotak surat suara terbakar dijalan saat hendak dibawa.

Komisioner KPU, Pramono Tantowi Ubaid memastikan kabar yang beredar terkait kotak surat suara hasil pencoblosan di Malaysia terbakar dan telah dihitung bahwa Prabowo menang telak itu tidak benar alias hoax.

“Tidak benar. Karena penghitungan suara untuk pemilu luar negeri di semua KBRI/KJRI baru dilaksanakan pada 17 April. Jadi kalau ada info soal hasil pemilu di luar negeri sekarang-sekarang ini, maka pasti hoaks,” ujar Pramono, Rabu (10/4/2019).

 

5. Heboh Panwaslu Kuala Lumpur Relawan Prabowo-Sandi, Ini Kata Bawaslu
Baru-baru ini tengah hangat dibicarakan di sosial media terkait kabar Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yazza Azzahra Ulyana adalah relawan Prabowo-Sandiaga. Bawaslu memastikan isu itu tidak benar alias hoax.

Saat dimintai keterangan terkait isu tersebut, Bawaslu mengatakan perempuan yang berpose bareng relawan Prabowo-Sandi yang viral dipastikan bukanlah Yazza.

“Saya sudah memastikan semua tidak benar, itu hoaks, terkait foto-foto keterlibatan yang bersangkutan dengan atau berbaju salah satu tim paslon. Ini sudah dibantah yang bersangkutan ke saya, tetapi kami sudah berkoordinasi untuk nanti segera menyiapkan klarifikasi terkait informasi-informasi ini,” kata Afif di Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2019).

 

6. Gara-gara Hoax, Suporter Rusak Loket Stadion Kanjuruhan Malang

Aksi tak terpuji yang terbilang anarki terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang. Loket penjualan tiket menjadi sasaran amuk oknum suporter. Diketahui, massa suporter termakan kabar hoax jika loket melayani penjualan tiket.

Terpantau di TKP, pecahan kaca berserakan di lantai bawah loket penjualan tiket. Kaca-kaca dirusak oknum suporter yang marah karena tak menemui loket yang menjual tiket.

Para suporter ini datang berombongan setelah mendapatkan kabar di media sosial jika loket dibuka untuk melayani tiket, Jumat (12/4/2019), pagi.

Salah satu suporter bernama Rizky, menuturkan kabar hoax itu mengundang suporter untuk datang ke Kanjuruhan. Ternyata ketika mereka tiba, bagian kaca loket tertempel tulisan bahwa tiket telah habis dan dalam kondisi tutup. Mereka pun melampiaskan kemarahannya dengan merusak loket.

“Kita dapat kabar, bahwa loket menjual tiket pertandingan malam nanti, mendengar itu, kita langsung datang kesini,” terang Rizky.

Dikatakan Rizky, mayoritas suporter mengetahui informasi penjualan tiket di Kanjuruhan dari salah satu akun di media sosial. Kabar hoax itu sampai membius sekitar 1.500 suporter untuk datang ke Kanjuruhan.

Laga final leg 2 Piala Presiden 2019 mempertemukan Arema FC dengan Persebaya malam nanti. Clossing seremoni sebelum kickoff digelar dengan penampilan sejumlah artis ternama. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top