Sains

Penelitian: Puntung Rokok Filter Merupakan Sampah Terbanyak di Laut

ilustrasi. Foto : ISTIMEWAH

PIAH.COM – Makin miris aja kita lihat laut semakin tercemar oleh sampah dan makhluk hidup di sana semakin menderita. Ngomongin sampah lautan, sering diberitain adalah plastik yang jadi sumber utama, seperti kantong plastik dan sedotan.

Makin banyak kota di dunia yang mulai sadar dan mengurangi penggunaannya. Tapi kamu tau gak kalau tim peneliti dari San Diego State University, Amerika Serikat menyatakan bahwa ternyata puntung rokok filter lebih mengontaminasi lautan dari pada sedotan plastik.

Menurut penelitian mereka, ada sekitar 4,5 triliun puntung rokok dibuang setiap tahunnya. Jumlahnya mencapai 38% dari total sampah lautan yang berhasil dikumpulkan.

“Jelas sekali, tidak ada manfaat kesehatan dari filter rokok. Filter hanya alat pemasaran, mempermudah orang merokok. Filter rokok ini juga merupakan kontaminan utama, dibanding semua sampah plastik di lautan,” kata profesor kesehatan masyarakat dari San Diego State University, Thomas Novotny, dilansir dari NBC News baru-baru ini.

Kalau masih gak yakin laut dan lingkungan hidup lain udah sebegitu parah tercemarnya, lihat aja foto viral kuda laut bawa cotton bud di laut Indonesia, sampai ikan mati berbentuk mengenaskan gara-gara terlilit plastik botol minuman di sebuah sungai Amerika Serikat. (den/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top