News

Penentu Kualitas Demokrasi Pemilu 2019 Adalah Masyarakat dan Media Massa

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Masyarakat dan media massa disebut menjadi penentu kualitas demokrasi Indonesia, khususnya pada Pemilu Serentak 2019 yang akan datang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, usai Rapat Koordinasi Bidang Kehumasan dan Hukum Seluruh Indonesia di Hotel Bidakara, Jl. Gatot Subroto Kav. 71-73 Tebet, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).

“(Masyarakat dan media massa) kolaborasi, bergandengan tangan, mitigasi, untuk menurunkan tensi sangat penting kita lakukan untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak 2019, terutama dari aspek digital,” ungkapnya.

Rudiantara memaparkan, infrastruktur digital di Indonesia saat ini menduduki posisi ke-4 di dunia. Menurutnya, 150 juta masyarakat Indonesia telah mengakses internet dan 130 juta diantaranya mengakses media sosial.

“Kebayang kan arus informasi yang beredarnya seperti apa?,” ujarnya.

Namun demikian, Rudiantara mengaku, pihaknya terus berkoordinasi dan bekerja untuk melakukan langkah-langkah cepat dan preventif maupun penindakan untuk mengimbangi arus informasi yang beredar dengan melakukan sejumlah langkah.

Misalnya saja, pria yang akrab disapa Chief RA itu mencontohkan, program Literasi Digital, Aduan Konten dan Lambe Hoaks, layanan di situs Stophoax.id serta beberapa langkah lain sudah dilakukan pemerintah.

“Literasi digital terus kami lakukan, bahkan setiap minggu kami lakukan. Memang efeknya sangat lama, tetapi ini dianggap mampu efektif untuk menangkal informasi yang tidak benar. Disitu kita bisa lihat mana atau apa saja sih yang hoaks dan fakta sebenarnya seperti apa,” katanya.

Menurut Rudiantara, disitulah fungsi bidang kehumasan dan hukum diperlukan, yakni untuk membangun literasi di tengah masyarakat. Karena, lanjut Rudiantara, peran bidang humas dan hukum kian sentral di tengah arus informasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top