Tekno

Pengguna VPN Keluhkan Koneksi Lambat, Ini Penjelasannya

Foto: Istimewa

PIAH.COM – VPN menjadi alternatif yang dipilih masyarakat sebagai alternatif sulitnya koneksi untuk mengakses media sosial di Indonesia. Kendati begitu, belakangan penggunaan VPN pun dikeluhkan lambat oleh pengguna medsos.

Pengamat keamanan siber, Alfons Tanujaya menjelaskan penyebab VPN melambat. “VPN bisa diperlambat oleh pemerintah. Mudah, seperti permainan kucing dan tikus,” ujar Alfons kepada sebagaimana dilansir CNNIndonesia, Rabu (22/5).

Dia menjelaskan terkait kemungkinan proxy VPN yang diblokir. Menurutnya, jika biasanya VPN menggunakan beberapa port, ada kemungkinan beberapa diblokir dan membuat lambat. Alfons menjelaskan beberapa potensi lain yang menjadi penyebab VPN melambat.

“VPN melambat itu cukup simple. Kalau server VPN biasanya menghandle 10 user, karena adanya pembatasan lalu semua pengguna menggunakan free VPN. Mendadak 100 orang menggunakan VPN. Maka, otomatis bandwidth terbagi lebih banyak dari biasa dan menyebabkan perlambatan,” papar Alfons.

Menurutnya, salah satu yang menjadi penyeab utama yakni, lantaran melonjaknya pengguna. Sementara jarak server yang lebih jauh, tak akan menyebabkan perlambatan.

“Bisa saja jarak dekat tapi server perantara lebih banyak jadi akan lebih lambat dari yang server jarak jauh tapi perantaranya sedikit,” ungkap Alfons.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan pembatasan media sosial ini dilakukan bertahap pada sebagian platfor,

Pembatasan unggah dan unduh foto dan video ini dilakukan untuk memperlambat penyebaran hoaks dari foto dan video. Sebab, penyebaran hoaks lewat foto dan video dianggap sangat cepat memengaruhi emosi seseorang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top