Berita Anti Hoax

Penyebar Hoaks Server KPU Direkayasa Telah Tertangkap dan Meminta Maaf

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Pelaku penyebar hoaks berinisial WN di Solo, Jateng, telah berhasil ditangkap oleh Direktorat Siber Bareskrim Polri. Dalam video yang beredar menyebutkan kalau server KPU telah disetting untuk memenangkan capres 01 di angka 57%.

WN dihadirkan oleh penyidik saat jumpa pers di Mabes Polri dan Tersangka pun meminta maaf atas perbuatannya tersebut.

“Saya meminta maaf terutama kepada KPU. Dan pada pemerintahan sekarang saya mohon maaf,” kata WN, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (17/6).

Kasubdit II Siber Bareskrim Polri Kombes Pol Rickynaldo Chairul mengatakan bahwa WN merupakan anggota IT dari salah satu capres. Selain itu, tersangka juga seorang dosen di perguruan tinggi swasta yang berada di Jakarta.

“Setelah kita dalami, WN ini merupakan bagian dari tim IT salah satu paslon,” ujar Rickynaldo.

Atas perbuatannya tersebut, WN dijerat dengan pasal penyebaran hoaks dan Undang-Undang ITE. Tersangka pun terancam hukuman 10 tahun penjara.

“(Dikenai) Pasal ITE. Ancaman hukuman 10 tahun. Ini pengembangan kasus hoaks yang beberapa kali mengganggu KPU,” tutup Rickynaldo.

Sejak video hoaks beredar di media sosial, tersangka WN selalu berpindah-pindah tempat. Pernyataan WN tersebut direkam dalam video di salah satu rumah mantan bupati yang berada di daerah Banten. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top