Edukasi

Anda Penyuka Landak Mini ? Yuk Kenali Jenis – Jenis Landak Mini

landak mini, foto sumber : int

PIAH.COM – Hewan peliharaan memanglah sebuah teman yang akan mengisi waktu luang kita dengan keseruan ataupun hal lucu yang dilakukan oleh sang hewa peliharaan, memelihara sebuah hewan peliaharaan merupakan metode untuk melepaskan rasa stres dan penat dikala aktivitas kita yang begitu padat disehari – harinya.

Banyak sekali alternatif hewan peliharaan yang bisa dijadikan kesayangan oleh banyak orang, seperti anjing, kucing, burung, hamster, namun sepertinya itu semua sudah terlalu mainstream, bagaimana dengan sebuah hewan unik yang berduri ? ya sebuah saja landak mini, atau biasa di singkat lamin, sebuah hewan peliharaan yang berukuran mini dan begitu menggemaskan.

Hewan berduri ini memiliki sebuah karakter yang begitu menggemaskan dan sangatlah mudah untuk dipelihara, tertarik ? namun sebelum anda ingin memelihara sebuah landak mini, anda haruslah memilih jenis landak mini yang ingin anda pelihara.

Berikut jenis – jenis landak mini berdasarkan motif dan juga warna.

JENIS – JENIS LANDAK MINI

Landak mini memiliki beberapa jenis yang sangat menggemaskan, biasanya landak mini dibedakan berdasarkan warna pada duri-durinya yang sangat bervariasi. Untuk bisa menghasilkan jenis landak mini yang baru biasanya dilakukan perkawinan silang antara landak mini jenis satu dengan jenis lainya.

Berikut beberapa jenis landak mini yang banyak beredar di masyarakat luas, diantaranya:

1. Landak Mini Appricot

landak mini appricot

Landak Mini jenis Appricot adalah Landak Mini yang memiliki duri berwarna agak ke oranye yang bercampur coklat krem. Sorot matanya memiliki warna merah ruby, pada bagian perutnya memiliki warna putih, sedangkan hidungnya memiliki warna merah muda.

2. Landak Mini Cinnicot

jenis landak mini cinnicot

Jenis Landak Cinnicot merupakan hasil dari perkawinan silang antara Landak Mini jenis Cinnamon dan Appricot. Warna landak jenis Cinnicot seperti warna emas atau karat yang pudar. Karena jenis ini hasil dari perkawinan silang, jadi terkadang hasilnya mirip Cinnamon atau mirip Appricot.

3. Landak Mini Salt and Pepper

landak mini salt and pepper

Jenis Landak Mini yang satu ini termasuk yang sering dijumpai baik di alam liar atau di pasaran.  Landak Mini Salt and Pepper memiliki warna puti dan dibalut warna hitam, warna mata dan hidung sama-sama hitam.

Selain dibalut warna hitam, ada beberapa landak jenis ini yang dibalut dengan warna coklat atau abu-abu. Untuk harga landak mini jenis salt and paper ini berkisar antara 175 – 250 ribu untuk anakan, sedangkan indukan kurang lebih 225 – 300 ribu

4. Landak Mini Champagne

jenis landak mini champagne

Jenis Landak Mini yang satu ini merupakan jenis Landak Mini yang jarang ditemui. Landak Mini jenis Champagnemerupakan Landak Mini yang memiliki warna pirang atau warna pastel. Warna putih pada durinya lebih dominan sekitar 75%, dan sissanya dibaluti warna oranye atau krem.

5. Landak Mini Charcoal

jenis landak mini charcoal

Landak Mini jenis ini memiliki dua jenis, yaitu white Charcoal & Charcoal Snowflake Gray. Perbedanya ada pada warna ujung durinya saja. Perbandingan warnanya antara 30% sampai 70% durinya memiliki warna putih, sedangkan sisanya berwarna putih dibalut dengan warna hitam.

6. Landak Mini Cinnamon

jenis landak mini cinnamon

Landak Mini yang satu ini kalo dilihat sekilat mirip dengan jenis Salt and Pepper tetapi perbedaan warnanya dari hitam dan krem atau coklat muda. Pundaknya memiliki warna merah muda, sedangkan kulit di bawah perutnya berwarna putih.

7. Landak Mini Albino

jenis landak mini albino

Di alam liar mungkin Landak Mini jenis ini yang sangat rentan di serang predator, disebabkan karena kurangnya kamuflase.

Dinamakan Albino karena tidak mempunyai pigmem warna, jadi seluruh tubuhnya akan berwarna putih atau pucat, dan juga warna matanya merah karena tidak ada pigmen warna di matanya. Sedangkan warna kulit dan hidungnya berwarna merah muda.

Harga landak mini jenis albino ini berkisar antara 150 – 300 ribu untuk anakan, sedangkan indukan kurang lebih 175 – 300 ribu. Harga mungkin bisa berubah tergantung pada kondisi dan kesehatan dari landak mini.

8. Landak Mini Platinum

jenis-landak-mini-platinum

Sesuai namanya, Jenis Landak yang satu ini pastinya istimewa. Jika pembaca ingin memiliki Landak Mini jenis Platinum, maka harus sabar mencari informasi terkait Landak Mini yang satu ini.

Karena memang tergolong langka. Ciri khasnya yaitu biasanya durinya berwarna putih dan pada bagian kulit, hidung serta telinga memiliki warna agak gelap dengan warna coklat. Untuk harga landak mini jenis Platinum harganya disesuaikan.

9. Landak Mini Pinto

jenis-landak-mini-pinto
Landak Mini Pinto sebenarnya lebih ke arah corak warna, corak Pinto dapat dilihat dari kekuranganya pada duri dan kulitnya, sehingga terlihat bercak putih. singkatnya, Pinto adalah kelainan bercak putih yang terdapat pada warna aslinya. nah, di situlah yang kadang-kadang menjadi daya tarik tersendiri dari Landak Mini jenis ini.

Itulah beberapa jenis landak mini dan harganya. Karena semakin banyak dan pintar orang-orang yang mengembangkanya, kemungkinan jenisnya juga akan bertambah.

Bisa dari warna, bulu, corak atau semisalnya. Untuk harga sendiri semua jenis hamper sama berkisar antara 150 ribu hingga 500 ribu untuk satu ekornya.

Bagaimana ? apakah anda menjadi tertarik untuk memelihara hewan yang menggemaskan ini ? tentunya landak hewan yang pemalu, dimana anda harus sering melakukan sosialisasi dengan hewan ini, agar ia terbiasa dengan sentuhan manusia, ( fik/piah ).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top