Forum

Perlukah Pakai Obat Kumur Mulut Setiap Hari?

Ilustrasi. Foto: Istimewa

PIAH.COM – Obat kumur mulut atau mouthwash umumnya digunakan usai menyikat gigi. Tujuannya, menurut mayoritas pengguna adalah untuk membunuh bakteri dan mencegah bau mulut. Namun apakah memakai obat ini sudah tepat dilakukan apalagi untuk jangka panjang?

Sejatinya, memakai obat kumur tidak akan bisa menggantikan peran menyikat gigi serta memakai benang gigi. Fungsi dari berkumur itu hanya untuk penyegar napas, dan beberapa untuk menghilangkan bakteri plak.

Dengan demikian maka kemungkinan Anda mengalami masalah gusi atau infeksi jamur mulut bisa berkurang. Begitu juga masalah gigi berlubang yang dipicu oleh pembentukan plak.

Akan tetapi, obat kumur banyak yang mengandung alkohol sehingga merugikan bagi pemilik gusi sensitif dan gigi sensitif. Akibatnya Anda tak disarankan memakai obat kumur jenis itu setiap hari.

Menurut dokter gigi, jika proses membersihkan gigi Anda sudah cukup baik maka tak dibutuhkan lagi obat kumur. Alasannya, obat kumur hanya bekerja di permukaan gigi dan mulut. Tidak sampai ke dalam gigi sehingga jika bakteri plak sudah ada di dalam gigi dan membuat plak maka mouthwash tak ada pengaruhnya lagi.

Bagi pendukung pemakaian obat kumur, ada beberapa keunggulan dari memakainya setiap hari. Pertama, jika terdapat kandungan flouride maka itu bisa membantu mencegah lubang gigi karena menguatkan email.

Kedua, membersihkan noda gigi, serta membunuh bakteri di mulut. Terakhir tentu karena menyegarkan napas dan meningkatkan kepercayaan diri.

Sementara itu bagi yang kontra dengan penggunaan mouthwash setiap hari, alasannya adalah zat alkohol yang memicu iritasi. Jika tertelan maka ada efek buruk bagi pencernaan, dan alkohol akan menimbulkan iritasi serta mulut jadi kering. Akibatnya memakai obat kumur tidak terlalu disarankan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon