News

Polresta Surakarta Buru Penyebar Hoax Kekurangan Material SIM

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Pihak Kepolisian akan menelusuri pelaku pemasangan informasi yang berisi kurangnya material SIM di Satpas Satlantas Polresta Surakarta. Kasatlantas Polresta Surakarta Kompol Busroni menegaskan bahwa penyebaran informasi tersebut tidak sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.

Sebelumnya, telah beredar informasi yang berisikan bahwa material SIM di kantor pelayanan Satpas Satlantas Polresta Surakarta mengalami kekurangan stok. Sehingga, masyarakat yang hendak mengurus pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) diimbau untuk melakukan proses pengurusan SIM sesuai dengan penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di wilayah masing-masing.

Kompol Busroni saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (18/6/2019) siang mensinyalir bahwa informasi pengumuman itu disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Kami akan melakukan penelusuran terkait masalah ini. Mengingat informasi yang telah beredar terkait pengumuman itu, bukanlah dari pihak kami. Melainkan, ada orang atau pihak yang dengan sengaja menyebarkan informasi tersebut,” terang Busroni.

Mengenai ketersediaan stok material SIM itu sendiri, Busroni meyakinkan bahwa hingga saat ini material SIM yang dimiliki oleh Satpas hingga beberapa pekan ke depan, masih mencukupi. Sehingga bagi pemohon SIM baru maupun yang hendak melakukan perpanjangan, dapat dilayani sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan.

“Masyarakat tidak perlu khawatir. Karena persediaan material SIM masih mencukupi,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kanit Regident Satlantas Polresta Surakarta, AKP Rikha Zulkarnain mengungkapkan, pelayanan SIM di Kantor Satpas sejak dibukanya pasca libur lebaran lalu, termasuk untuk pemohon dari luar Solo memang mengalami kenaikan.

Bahkan pihaknya menyebutkan melayani sekitar 200 hingga 300 orang pemohon, baik perpanjangan maupun pembuatan SIM baru. Meskipun sempat menerbitkan surat keterangan SIM namun, masih menurut Rikha, stok SIM pun masih dalam jumlah yang aman.

“Memang ada lonjakan permohonan SIM beberapa waktu lalu. Bahkan sempat pula menerbitkan surat keterangan SIM. Akan tetapi, untuk saat ini surat keterangan SIM tersebut sudah dapat ditukar dengan material SIM yang asli,” terangnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top