Berita Anti Hoax

Polri Akan Tindak Tegas Penyebar HOAX Terkait Gempa Lombok

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Polri akan melakukan tindakan hukum terhadap pihak-pihak atau kelompok yang memanfaatkan situasi pasca terjadinya gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Penegakkan hukum kami akan lakukan secara konsisten. Kami tidak ingin insiden ini dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal, seperti dikutip dari laman akurat.

Selain itu juga, kata dia, aparat kepolisian akan mengamankan rumah-rumah milik warga atau masyarakat yang di tinggalkan karena mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Proses pengamanan jangan sampai ada orang-orang yang mengambil kesempatan dalam insiden (gempa Lombok) ini,” ujarnya.

Sementara terkait berita hoaks di media sosial terkait gempa Lombok, lanjut Iqbal, pihaknya belum menemukan pelaku yang menyebarkan berita hoaks. Oleh karena itu Polri mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memperkeruh suasana yang terjadi Lombok dan sekitarnya.

“Sampai saat ini belum ada yang menyebarkan berita hoaks. Kami imbau kepada seluruh masyarakat agar tidak memanfaatkan peristiwa bencana gempa. Kami akan tindak bagi penyebar hoax yang dapat merusak situasi ini dan dapat menimbulkan ketakutan,” tukasnya.

Mantan Kapolrestabes Surabaya itu menambahkan, saat ini Polri bersama TNI dan pihak pemerintah daerah telah membantu masyarakat yang menjadi korban gempa.

“Kita terus melakukan secara bahu membahu dengan lembaga terkait seperti TNI, polri, dan pemerintah provinsi dan kabupaten setempat untuk betul-betul membantu masyarakat Lombok,” paparnya.

“Terutama yang terkena dampak yang sangat siginifikan. Bagi masyarakat lainnya kami imbau untuk membangkitkan semangat untuk menyampaikan pesan-pesan sejuk dan rasa empati,” tambah dia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Akurat dan Terpercaya

Pusat Informasi Anti Hoax

Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun no 8C, Senen Jakarta Pusat


Email:
Redaksi: redaksi@piah.com
Marketing: marketing@piah.com
WhatsApp 085810008100

FOLLOW US

Copyright © 2017 PIAH.COM

To Top
Right Menu Icon