News

Polri Mendorong Pemerintah Buat Regulasi Gandeng Bos Platform Medsos Buat Tangkal Hoaks!

Ilustrasi. Foto: Istimewa

PIAH.COM – Kepala Satgas Nusantara Polri Irjen Gatot Edi Pramono mendorong dibuatnya regulasi terkait penyebaran hoaks dan ujaran kebencian di media sosial.

Regulasi ini dinilai sangat mendesak karena penyebaran konten hoaks dan ujaran kebencian di medsos sudah tak terbendung lagi.

“Regulasi hoaks dan ujaran kebencian ini pemerintah tidak bisa sendiri. Ini juga jadi tanggung jawab pemilik platform medsos. Saya sudah bicara soal ini kepada pemilik platform medsos,” ujar Gatot Edi.

Gatot menuturkan, regulasi terkait hoaks dan ujaran kebencian itu telah diaplikasikan di beberapa negara, seperti Jerman dan Malaysia.

Dalam aturan tersebut, pemilik platform medsos bisa langsung mematikan akun atau konten yang dinilai mengandung hoaks atau ujaran kebencian.

“Sudah saatnya kita punya regulasi hoaks di medsos. Jerman dan Malaysia sudah, kita belum, padahal hoaks dan ujaran kebencian sudah sangat meresahkan,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan Satgas Nusantara, penyebaran konten hoaks dan ujaran kebencian terus menunjukkan peningkatan dalam beberapa bulan terakhir.

Konten-konten tersebut diciptakan oleh akun asli, semi-anonymous, hingga akun anonymous.

“Hoaks dan ujaran kebencian di medsos ada peningkatan, terutama jelang Pemilu 2019,” kata Gatot.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top