News

Prabowo-Sandi Janji Tak Ingin Digaji Jika Terpilih, Berapa Gaji Presiden?

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Pasangan calon (Paslon) capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berjanji tidak akan mengambil gaji sepeser pun sebagai presiden dan wakil presiden bila terpilih dalam Pilpres 2019.

“Allah SWT sudah begitu baik kepada Prabowo-Sandi. Kami juga berterima kasih pada Indonesia, yang luar biasa berikan keluasan kepada kami. Kami berkomitmen berdua untuk tidak ambil gaji serupiah pun jika kami dapat amanah ini,” ujar Cawapres 02 Sandiaga Uno dalam pernyataan penutup di Debat Pilpres putaran akhir, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Dia menuturkan, gaji yang akan diterima kelak akan disumbangkan kepada negara, kaum yatim, dan kaum dhuafa. Lalu, berapa sih gaji presiden Republik Indonesia sekarang?

Peraturan Pemerintah Nomor 75 tahun 2000 tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tertinggi Negara dan Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 2001 menyebutkan bahwa tunjangan untuk Presiden dan gajinya adalah Rp 62,740 juta per bulan.

Sementara Wakil Presiden setiap bulan mendapat Rp 42.160.000. Jumlah tersebut terdiri dari gaji dan tunjangan yang diterima kepala negara.

Presiden dan Wakil Presiden RI menerima gaji sesuai Undang-Undang No. 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top