Informasi Publik

Pria Berjaket Capres 01 Pakai Pin Logo PKI di Topi, Hoax atau Bukan?

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Warganet dihebohkan dengan foto yang menunjukkan seorang pria mengenakan jaket beratribut capres cawapres 01 Jokowi-Amin dengan menggunakan topi dan pin berlogo palu arit yang dikenal adalah simbol Partai Komunis (PKI). Sontak foto tersebut viral di media sosial.

Diketahui, pria tersebut menghadiri lokasi debat pilpres keempat pada Sabtu (30/03/2019) malam. Saat ditelusuri, ternyata Letjen (purn) Johanes Suryo Prabowo adalah yang mengunggah foto pria itu pertama kali di akun twitter @marierteman miliknya.

Cuitan tersebut kemudian dibantah oleh pengguna twitter lainnya, lewat akun @abirekso netizen tersebut menunjukan fakta bahwa foto yang disebar akun @marierteman adalah hasil editan alias hoax yang sengaja dibuat dan disebar untuk menyerang calon presiden nomor urut satu.

“Buat pak @marierteman , penampakan apa itu pak?” sambil memerlihatkan foto yang berbeda.

Diproses lebih lanjut, hasil penelusuran menampilkan hasil positif bahwa foto tersebut hoax alias sudah di edit sebelumnya. Berikut beberapa bukti yang bisa kamu cek sekarang juga.

 

Terlihat Seperti Di-Crop (potong)

Netizen lain menyebut, foto itu seperti hasil crop atau penggabungan gambar.

“Kayak editan nih coz udh aku zoom tuh di pinggir gambarnya ada kayak habis cropan editing foto,” tulis akun @solihin_chubath.

 

Pencahayaan Berbeda

Ada juga netizen yang menganalisa dengan mengkonversi warna gambar. Menurut netizen tersebut, kelihatan jika foto tersebut diedit.

Hingga saat ini, belum ada klarifikasi resmi terkait siapa pria tersebut, dan apakah benar editan. Kita tunggu saja kebenarannya.

(faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top