News

Purnawirawan Jenderal di Proses Polisi, ini Yang Panglima TNI Lakukan

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Sejumlah Purnawirawan Jenderal di proses oleh polisi dengan kasus antara lain permufakatan jahat hingga kepemilikan senjata api.

Kapolri Jenderal Polisi, Tito Karnavian mengatakan kalau sebenarnya dia tidak nyaman dengan apa yang sedang terjadi, bagaimana pun mereka yang kini menjadi tersangka adalah para mantan komandan TNI.

Seperti Kivlan Zen misalnya, dia adalah mantan kepala staf Kostrad. Sementara Sunarko adalah mantan komandan jenderal (danjen) Kopassus yang merupakan pasukan elite TNI.

“Tentu secara pribadi dan institusi ini jujur menimbulkan ketidaknyamanan bagi Polri sendiri. Nggak nyaman,” ucap Tito, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Walaupun demikian, Tito mengatakan kalau proses hukum harus tetap dilanjutkan. Polri tidak punya pilihan lain karena para mantan jenderal itu sekarang sudah berstatus sipil.

Dia mengaku terus berkomunikasi dengan panglima TNI untuk bersinergi dalam penanganan kasus tersebut.

“Tapi ya hukum harus berkata demikian, ada asas persamaan di mata hukum. Semua orang sama di muka hukum,” ucap Tito.

Sementara itu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengaku tidak akan mengintervensi kasus hukum purnawirawan jenderal itu.

Dia menyebut bahwa TNI tidak akan ikut terlibat dalam proses hukum karena sudah masuk ranah sipil. Namun, dia mengakui tetap membangun dengan para purnawirawan.

“Kami terus melaksanakan komunikasi dengan beliau-beliau (purnawirawan) untuk menjaga persatuan kesatuan,” kata Hadi. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top